Raih Juara 1 Gelar Wisata Jawa Tengah 2022, Desa Pekunden Tawarkan Wisata Edukasi

- Senin, 28 November 2022 | 08:17 WIB
Desa Pekunden meraih Juara 1 dalam Gelar Wisata Jateng 2022 (Visit Jawa Tengah)
Desa Pekunden meraih Juara 1 dalam Gelar Wisata Jateng 2022 (Visit Jawa Tengah)

NOLMETER.COM - Dilansir dari Visit Jawa Tengah, Desa Wisata Kreatif Pekunden berhasil meraih posisi Juara 1 dalam ajang Gelar Wisata Jawa Tengah 2022. Desa ini berada di Kabupaten Banyumas. Malam penganugerahan diselenggarakan di Gerbang Desa Kembanglimus, Magelang pada Sabtu (26/11). 

Baca Juga: Presiden Jokowi Pidato Indonesia Tetap Tumbuh dan Berhasil Kendalikan Harga di Tengah Resesi Global

Sedangkan posisi Juara 2 diberikan kepada Desa Wisata Muncar, Kabupaten Semarang dan juara 3 dianugerahkan kepada Desa Wisata Sambongrejo, Kabupaten Blora. 

Selain itu ada Juara harapan 1 hingga 3 dan pemenang-pemenang kategori, seperti kategori Homestay dan Toilet Bersih, kategori Sapta Pesona dan kategori Paket Wisata. 

Diresmikan pada akhir Desember 2021, Desa Wisata Kreatif Pekunden ini memiliki banyak potensi wisata menarik. Terdapat Kampung Nopia Mino untuk menyaksikan langsung proses pembuatan oleh-oleh khas Banyumasan. 

Lokasi Desa Pekunden juga tak jauh dari kawasan Kota Lama Banyumasan. Wisatawan bisa bernostalgia ke masa lampau dengang berkunjung ke bangunan-bangunan kuno bernilai sejarah. 

Tak hanya itu, Desa Wisata Kreatif Pekunden juga menawarkan beragam wisata edukasi. wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan gamelan di Oemah Gamelan, budidaya dan petik buah naga, proses membuatan batik tulis dan lain sebagainya. 

Para wisatawan dapat membawa gamelan, buah naga dan batik sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah.  

Baca Juga: Presiden Jokowi Pidato: Hilirisasi Hingga Tercapai 7 Triliun Dolar US pada Tahun Indonesia Emas 2045

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Visit Jawa Tengah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X