• Kamis, 1 Desember 2022

Miss Universe Swiss 2022 Hadiri Karnaval Batik di Tulungagung

- Kamis, 24 November 2022 | 19:15 WIB
Alia Guindi, Miss Universe Swiss 2022, turuh hadiri Batik Carnival di Tulungagung (Surya Malang)
Alia Guindi, Miss Universe Swiss 2022, turuh hadiri Batik Carnival di Tulungagung (Surya Malang)

NOLMETER.COM - Dilansir dari DetikJatim, Alia Guindi, Miss Universe Swiss 2022 turut meramaikan karnaval batik di Tulungagung, Jawa Timur. Ia bersama ratusan model lain berlenggak-lenggo di catwalk jalanan dalam event berjuluk Tulungagung International Batik Carnival. Event yang digelar di titik nol tersebut diikuti lebih dari 140 model yang memperagakan aneka busana batik khas setempat dengan berbagai tema dan kreasi.

Tentu kehadiran Alia Guindi dan dua finalis lainnya menyedot perhatian khalayak masyarakat Tulungagung. Orang-orang berdiri di pinggir jalan untuk melihat para model memperagakan busana batik rancangan Aji Bram. Beberapa tampak mengabadikan momen itu dengan berselfie dengan latar para model.

Baca Juga: Dipantau Ahli dari Afrika Selatan, Alshad Ahmad Bantu Beri Susu ke Anak Harimau Jinora dan Esha

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung, Slamet Sunarto, mengatakan jika peragaan busana batik itu digelar dengan tujuan mengenalkan kain batik khas Tulungagung ke kancah nasional hingga internasional. Ia berujar, Kami mengangkat batik Tulungagung ini dengan harapan bisa go international, karena pada acara ini kami kedatangan tamu istimewa, yaitu, Miss Universe Swiss 2022.”

Ada peran diaspora asal Tulungagung di luar negeri juga yang membuka peluang untuk mengenalkan batik lokal di pergaulan dunia. Lebih lanjut Slamet menjelaskan, saat ini industri batik Tulungagung semakin menggeliat. Para pengusaha dan perajin batik cukup agresif dalam berkreasi dan memproduksi kain batik.

Pemerintah daerah kan terus mendorong gairah industri batik tersebut melalui berbagai program pembinaan dan penguatan. Diharapkan para pengusaha akan terus bersemangat dalam menggeluti UMKM ini. “Batik yang ditampilkan dalam fashion show kali ini adalah karya para perajin batik lokal,” jelas Sunarto.

Pada kesempatan terpisah, salah seorang peserta peragaan busana, Zahara Venanda mengusung tema Elang Jawa. Busana itu didesain mirip burung elang dan dikombinasikan dengan kain batik khas Tulungagung. Zahara mengemukakan bahwa ia dan timnya sengaja mengambil tema Elang Jawa karena hewan tersebut merupakan salah satu hewan langka di Indonesia.

Pihaknya berharap kreasi gaun batik dalam even tersebut bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap batik, khususnya batik Tulungagung. Corak batik daerah ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motif batik-batik dari daerah Jawa lainnya, tetapi yang istimewa adalah batik khas Tulungagung lebih berani dalam memberi warna terang dalam setiap desainnya.

Baca Juga: Aktor Pria Pertama Asal Korea, Park Bo Gum Resmi Jadi Brand Ambassador Celine

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Surya Malang, DetikJatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun, Bisa Jalan Kaki, Lho!

Selasa, 29 November 2022 | 15:21 WIB

Ibu Iriana Jokowi Buka Pameran Kriyanusa Tahun 2022

Kamis, 22 September 2022 | 07:00 WIB

Mengintip Hidangan Menu Kraton Solo Yang Kekinian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:00 WIB

Wisata Kebugaran Jadi Andalan Setelah Pandemi

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:29 WIB

Waspadai Ancaman Kesehatan Saat Wisata

Minggu, 31 Juli 2022 | 08:00 WIB

Resep Praktis, Ayam PopCorn Nan Renyah

Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:00 WIB
X