• Selasa, 7 Februari 2023

Mengintip Hidangan Menu Kraton Solo Yang Kekinian

Andri B.Soleh
- Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Kuliner Keraton Mangkunegaran (Kemenparekraf)
Kuliner Keraton Mangkunegaran (Kemenparekraf)

NOLMETER.COM - Pekan lalu,  di Solo kemenparekraf menggelar IWTCF 2022 , pertemuan delegasi pemangku kepentingan parawisata kebugaran internasional. Dalam acara itu terselip acara menarik yaitu Royal Heritage Dinner yang berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Pura Mangkunegaran adalah Istana Kadipaten Praja Mangkunegaran yang menjadi kediaman para penguasa yang bergelar adipati. Istana ini telah berusia 265 tahun namun Pura Mangkunegaran masih digunakan untuk aktivitas kerajaan serta tempat menyimpan benda-benda bersejarah.

Untuk hidangannya, Kemenparekraf/Baparekraf menyajikan 11 menu khas Keraton Mangkunegaran yang dihidangkan dan diracik langsung oleh Chef Ragil, salah satu chef lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Baca Juga: Ade Yasin Minta Chef Membawa Kuliner Indonesia Mentas Internasional

 

Seperti apa hidangan para Raja ini ? Tentunya menarik perhatian karena hidangan tradisional ini disajikan secara internasional oleh chef terkenal. Ini dia makanannya.

Apem

Kue apem adalah kue khas tradisional yang biasa disajikan untuk acara-acara khusus. Berbahan dasar tepung beras, telur dan santan, kue apem ini dapat dinikmati dengan pisang kolak dan ketan. Yang menarik dari filosofi kue apem, pisang kolak dan ketan ini adalah pengingat dalam menjaga keseimbangan antara hubungan dengan Sang Pencipta dan hubungan antara manusia.

Sosis Solo

Siapa yang tak kenal Sosis Solo? Siapapun yang berkunjung ke Solo pasti mencari jajanan khas yang satu ini. Terbuat dari daging sapi atau ayam giling, lalu dibungkus dengan telur dadar. Resepnya diadopsi dari sosis Belanda tetapi dibuat dengan bahan-bahan lokal dan rempah-rempah dan disesuaikan dengan selera lokal.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X