• Sabtu, 2 Juli 2022

Rahasia Belajar Efektif, Jelang UTBK SBMPTN Dan Ujian Lain

Andri B.Soleh
- Senin, 16 Mei 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi ujian (Pixabay/ F1 Digitals )
Ilustrasi ujian (Pixabay/ F1 Digitals )

NOLMETER.COM - UTBK SBMPTN dan ujian masuk perguruan tinggi  tinggal hitungan waktu. Sebut saja UTBK SBMPTN yang akan dimulai 17 Mei 2022. Belum lagi , ujian masuk PTN mandiri atau ujian lainnya sebagai cadangannya.  Jangan biarkan, persiapannya baru dilakukan sampai menit terakhir lho.

Memang ada beberapa siswa yang tampaknya berkembang pada menit-menit terakhir menjejalkan materi untuk belajar.  Tapi ini bukan cara terbaik untuk mendekati ujian.

Untuk membantu mengatur manajemen waktu kamu, buatlah jadwal untuk belajar. Tuliskan berapa banyak ujian yang kamu miliki dan hari-hari di mana kamu harus mengikutinya. Kemudian atur belajar kamu sesuai dengan itu. Kamu mungkin ingin memberikan beberapa ujian waktu belajar lebih banyak daripada yang lain, jadi temukan keseimbangan yang kamu rasa nyaman.

Baca Juga: Cemas Sebelum Menghadapi SBMPTN, Kenali Test Anxiety Disorder

Berikut tips yang menjadi rahasia agar belajar kamu efektif. 

1. Atur ruang belajar Anda

Pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk menyebarkan buku teks dan catatan. Cek lagi, Apakah ruangannya punya cukup cahaya? Apakah kursinya nyaman? Apakah game komputer kamu masih tidak terlihat?

Cobalah dan singkirkan semua gangguan, dan pastikan kamu  merasa senyaman dan mampu untuk fokus. Bagi sebagian orang, fokus ini mungkin berarti keheningan total, bagi orang lain, musik latar membantu. Beberapa dari kita membutuhkan segala sesuatu yang benar-benar rapi dan terorganisir untuk berkonsentrasi, sementara yang lain berkembang dalam lingkungan yang lebih berantakan. Pikirkan tentang apa yang berhasil untuk kamu, dan luangkan waktu untuk melakukannya dengan benar.

2. Gunakan diagram dan diagram alir 

Alat bantu visual bisa sangat membantu saat merevisi. Di awal sebuah topik, tantang diri kamu untuk menuliskan semua yang sudah kamu ketahui tentang suatu topik - dan kemudian soroti di mana letak kesenjangannya. Mendekati ujian, padatkan catatan revisi kamu menjadi diagram satu halaman. Menyampaikan ide-ide kamu dalam format singkat ini dapat membantu dengan cepat mengingat semua yang perlu diketahui selama ujian.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadai Penyakit Cacar Monyet, Seperti apa itu

Selasa, 31 Mei 2022 | 17:00 WIB
X