• Jumat, 2 Desember 2022

Umur 15 Tahun, Maziyah Sakinah Jadi Mahasiswi Unpad Termuda

Andri B.Soleh
- Minggu, 10 April 2022 | 19:00 WIB
Maziyah Sakinah (Dok: Kanal Media Unpad)
Maziyah Sakinah (Dok: Kanal Media Unpad)

NOLMETER.COM - Jika ditanya siapa mahasiswa termuda di Unpad Bandung, Maziyah Sakinah bisa disebutkan salah satunya. Maziyah yang dipanggil May ini  dinyatakan diterima di Universitas Padjadjaran melalui jalur SNMPTN tahun 2022. Ia berhasil diterima di Prodi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad dalam usia yang cukup muda, yaitu 15 tahun 11 bulan.

Dikutip dari laman Unpad, May mengaku hanya ia satu-satunya pelajar yang berhasil lolos SNMPTN ke Unpad di sekolahnya, SMA Islam Assyafi’iyah 02, Bekasi.

“Awalnya ragu waktu mau buka pengumuman, karena di sekolah sudah banyak yang tidak diterima,” kata May.

May sendiri mantap memilih Teknik Pertanian berdasarkan hasil riset dan penelusuran berbagai informasi seputar program studi tersebut. Menurutnya, Prodi Teknik Pertanian memiliki prospek yang luas. Selain itu, ia pun tertarik dengan materi yang dipelajari di prodi tersebut.

“Sudah riset banyak, pas lihat studinya saya sangat tertarik,” imbuhnya. Perempuan asal Kota Bekasi, Jawa Barat ini juga mantap memilih Unpad sebagai perguruan tinggi untuk melanjutkan studi. Pasalnya, Unpad menjadi perguruan tinggi favoritnya. Banyak teman-teman satu sekolahnya yang mendaftar ke Unpad saat SNMPTN kemarin.

Baca Juga: Anak Madrasah Kembali Unjuk Prestasi, Hilman Dan Ismu Daud Diterima Di Universitas Dunia

“Salah satu yang saya suka, Unpad punya ciri khas baju toganya yang unik. Saya ingin memakai toga itu,” selorohnya.

Bagaimana May bisa berprestasi, dikutip dari https://www.unpad.ac.id/2022/04/maziyah-sakinah-diterima-di-unpad-jalur-snmptn-pada-usia-15-tahun/  , karena sejak kecil, May memang termasuk anak cerdas.

Karena kemampuannya yang baik, ia disekolahkan di Taman Kanak-Kanak pada usia 3 tahun. Setahun setelahnya, ia dinilai layak untuk masuk ke Sekolah Dasar. Hal ini pun didukung penuh oleh ibunya. Praktis, ia sudah bersekolah di tingkat SD pada usia empat tahun. Kendati terbilang dini, May dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Hal ini ia tunjukkan dengan keberhasilan meraih peringkat satu sejak kelas 1 hingga kelas 6. Bahkan karena kemampuan akademiknya yang baik, sejak duduk di kelas 4, ia sudah ditawari gurunya untuk mengikuti akselerasi dan diperbolehkan langsung  mengikuti Ujian Nasional. Meski diperbolehkan mengikuti akselerasi, May memilih menolak dan melanjutkan sekolah sesuai tahapan.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Unpad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Internasional

Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB

Semua Santri Mahasina Dinyatakan Lulus Seleksi PTN

Senin, 5 September 2022 | 18:00 WIB
X