• Jumat, 2 Desember 2022

Anak Madrasah Kembali Unjuk Prestasi, Hilman Dan Ismu Daud Diterima Di Universitas Dunia

Andri B.Soleh
- Kamis, 7 April 2022 | 18:00 WIB
Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang (Kemenag)
Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang (Kemenag)

NOLMETER.COM - Anak Madrasah kembali unjuk prestasi akademik , kali ini berita gembira datang dari Malang Jawa Timur.  Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang, dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di dua universitas ternama di Kanada dan Singapura. Siswa yang akrab disapa Hilman ini diterima di University of British Columbia, Vancouver (UBC) dalam program Bachelor of Science dan Nanyang Technological University, Singapore (NTU) dalam program Environmental Earth Systems Science.  

Sebelumnya, Muhammad Ismu Daud, siswa MAN 2 Kota Malang juga telah mendapat kepastian diterima di University of British Columbia (UBC) untuk konsentrasi Bachelor of Science dan University of Toronto untuk konsentrasi Life Science Faculty of Arts and Sciences.

“Alhamdulillah, tiap tahun lulusan MAN 2 Kota Malang mendapat kesempatan kuliah di sejumlah perguruan tinggi luar negeri. Tahun ini ada Ismu Daud dan Hilman yang diterima pada universitas Kanada dan Singapura,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Mohammad Husnan.

Baca Juga: Kamila, Siswi MAN 4 Jakarta Diterima di Enam Universitas Luar Negeri

Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Humas dan Kerjasama, Ahmad Thohir Yoga, mengatakan, prestasi Hilmam diawali dari keikutsertaannya dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Hilman mengikuti KSN untuk bidang Kebumian di tahun 2020 dan berhasil meraih medali perak. 

“Hilman melanjutkan kiprahnya di bidang olimpiade kebumian dengan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) pada tahun 2021 dan berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk tim merah putih,” ujarnya. 

Sebelum mengikuti IESO, lanjut pria yang akrab disapa Yoga, Hilman sudah mengikuti program Pelatihan Nasional (Pelatnas) yang diselenggarakan Tim Olimpiade Kebumian Indonesia (TOIKI). Dia berhasil lolos seleksi dan menyisihkan banyak peserta. 

“Selain mengikuti KSN dan IESO, Hilman juga tidak pernah absen dalam kompetisi-kompetisi nasional di bidang kebumian, misalnya Olimpiade Geografi dan Geosains yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar tertinggi, yakni medali emas,” sebut Yoga. 

Baca Juga: Inilah Fawwaz, Siswa Madrasah Yang Diterima Lima Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Berkat prestasi yang diraih, Hilman pada tahun 2021 mendapat kesempatan untuk mengikuti program beasiswa studi lanjut ke luar negeri yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Menurut Hilman, program beasiswa ini bertajuk Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang dikhususkan untuk siswa berprestasi Ajang Talenta Nasional yang dilaksanakan oleh Puspresnas Kemdikbud. 

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Internasional

Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB

Semua Santri Mahasina Dinyatakan Lulus Seleksi PTN

Senin, 5 September 2022 | 18:00 WIB
X