• Selasa, 27 September 2022

Pakai Aplikasi Buatan Unpad Ini, Kalau Kamu Gampang Stress

Andri B.Soleh
- Rabu, 15 September 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi stress (Pixabay/silviarita )
Ilustrasi stress (Pixabay/silviarita )

 

Beberapa kali kita membaca, ada mahasiswa yang bunuh diri karena stress. Celakanya mahasiswa ini bukan mahasiswa perguruan tinggi kaleng-kaleng , tetapi mahasiswa yang terbaik di Indonesia.

Jangan heran, karena mahasiswa memang  merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami masalah gangguan mental seperti stress. Tidak hanya mengganggu prestasi akademik, masalah ini juga berakibat pada penurunan kondisi fisik dan mental.

Baca Juga: Aplikasi Ini Cocok Untuk Anak Milenial Yang Gagal Paham Rempah Rempah

Kondisi  memprihatinkan ini mendorong Dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Irma Melyani Puspitasari, M.T., PhD, dan timnya mengembangkan aplikasi untuk mengukur tingkat stres dan deteksi dini gangguan jiwa. Aplikasi berbasis Android ini bisa digunakan mahasiswa ataupun masyarakat luas untuk mendeteksi tingkat stres secara efektif dan mudah.

Bersama dua dosen lainnya, Rano K. Sinuraya, M.K.M., Apt (Fakultas Farmasi) dan Witriani, M.Psi., Psikolog (Fakultas Psikologi), Irma mengembangkan aplikasi yang diberi nama “De-Stres”. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui platform Google Store di Android.

Dosen Farmasi Unpad ini menunjukan aplikasi yang dikembangkannya (Humas Unpad)

Irma menjelaskan, aplikasi “De-Stres” berfungsi untuk memonitor tingkat stres seseorang secara berkala. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui apakah dirinya berada pada kondisi stres atau tidak. Ini bertujuan untuk mencegah stres yang berkepanjangan.

Secara teknis, aplikasi ini berisi kuesioner yang dapat diisi oleh pengguna. Ada dua modul kuesioner yang tersedia. Satu modul untuk mengukur tingkat stres, sedangkan satu modul lagi untuk mengukur tingkat depresi.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Unpad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Internasional

Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB

Semua Santri Mahasina Dinyatakan Lulus Seleksi PTN

Senin, 5 September 2022 | 18:00 WIB

Kemenag Rilis Lagu Gembira 'Hari Anak Nasional'

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Kemenag Lahirkan 17 Guru Besar Baru PTK

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X