• Jumat, 2 Desember 2022

Aplikasi Ini Cocok Untuk Anak Milenial Yang Gagal Paham Rempah Rempah

Andri B.Soleh
- Selasa, 14 September 2021 | 16:00 WIB
Aplikasi pemindah rempah buatan mahasiswa (Humas UGM)
Aplikasi pemindah rempah buatan mahasiswa (Humas UGM)

Rempah-rempah membuat bangsa Portugis dan Belanda tertarik datang ke Nusantara berabad -abad  lalu. Aneka macam rempah yang ada memang  tidak mudah untuk dihafal apalagi tahu berbagai manfaatnya.  Nah, Kalau bangsa asing saja datang jauh-jauh buat rempah-rempah ini, lucunya banyak dari kita yang justru tidak nama atau  jenisnya.

Tapi jangan takut , buat anak milenial yang tidak bisa membedakan atau hapal nama pala , cengkeh, secang, kapulaga atau berbagai jenis rempah lain. Pasalnya, mahasiswa UGM  menciptakan suatu aplikasi pemindai bernama Rempah SIS (Scanner of Indonesian Spices).

Baca Juga: Kerennya Mesin Panen Jambu Buatan Mahasiswa IPB

Aplikasi SIS ini dikembangkan  Adha Maula Effendi, Rosalina Diani Prima Anargya (Farmasi 2020), Iskan Mustamir dan Karunia Perjuangan Mustadl’afin (Teknologi Informasi 2020), dengan bimbingan  Dr. Indah Soesanti, S.T., M.T.

“Saya yakin beberapa anak muda saat ini kurang familiar mengenal rempah yang ada di sekitarnya, bahkan yang ada di dapur sekalipun. Saya yakin tidak ada yang tahu nama dan jenisnya,” ujar Adha.

Rosalina menjelaskan aplikasi ini dapat berfungsi sebagai katalog digital dari beberapa rempah yang ada di Indonesia. Aplikasi  juga akan menyediakan informasi tambahan mengenai soal rempah, seperti informasi ciri-ciri, khasiat, potensi, dan kandungannya hingga resep-resep.

ilustrasi rempah rempah (Pixabay)

Kerennya, aplikasi tersebut dapat memindai rempah secara langsung atau menggunakan foto rempah yang didapat dari galeri gawai.

“Dengan menggunakan teknik pemindaian, diharapkan masyarakat lebih mudah dalam mengetahui dan membedakan rempah-rempah dibandingkan harus mencarinya lewat internet. Aplikasi ini pun secara gratis tersedia melalui Google Play Store,” tambahnya.

Baca Juga: Mahasiswa IPB Ini Ciptakan Sop Krim Instan dengan Kemasan Unik

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Humas UGM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Internasional

Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB

Semua Santri Mahasina Dinyatakan Lulus Seleksi PTN

Senin, 5 September 2022 | 18:00 WIB
X