• Jumat, 2 Desember 2022

Kerennya Mesin Panen Jambu Buatan Mahasiswa IPB

Andri B.Soleh
- Sabtu, 4 September 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi jambu kristal (pxfuel)
Ilustrasi jambu kristal (pxfuel)

Sekelompok mahasiswa IPB University dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, menciptakan alat sortir dan grading buah jambu kristal saat panen. Alat yang dapat membantu petani memisahkan buah berdasarkan ukuran dan rasanya. Efisien dan meningkatkan produktifitas petani.

Alat ini berbasis sensor RGB (red-green-blue), dibuat bagian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021.Mekanisme kerja alat ini adalah dengan membaca warna pada buah dengan bantuan sensor TCS230.

Buah jambu yang dimasukkan ke dalam alat ini akan ditahan oleh motor servo dan dibaca oleh sensor. Setelah itu, mikrokontroler akan memproses dan memberikan perintah kepada motor servo untuk membuka jalan bagi buah untuk masuk ke lubang yang telah ditentukan. Hasil pemutuannya  terbagi menjadi tiga, yaitu besar manis, kecil manis, dan tidak manis. 

Baca Juga: Bisnis Jahe Merah, Penyelamat di Era Pandemi Covid 19

Alvin Gibran At-Thariqi, Gading Satrio Wibowo, Irfan Azmi Al-Hayat, Marisa Rizky Rahmawati, dan Salsabila Widyanti merupakan pencipta alat ini. Mereka didampingi oleh Dr Radite Praeko Agus Setiawan, Dosen IPB University dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem untuk menciptakan Alat Pemutuan Jambu Kristal Berbasis Sensor RGB dengan Pengangkutan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kemudahan dalam Pemanenan di Gapoktan Mandiri Jaya. 

Alat pemanen jambu kristal buatan mahasiswa IPB (dok: IPB University)

Alat ini sendiri sudah diuji coba di perkebunan buah jambu kristal milik Gapoktan Mandiri Jaya. Hasilnya ?  Para petani  yang mencoba mencoba langsung menggunakan alat ini, ternyata merasa puas. 

“ Menurut para petani, alat ini mampu meningkatkan produktivitas mereka karena sebelumnya mereka masih melakukan pemanenan secara manual dengan menggunakan karung. Selain itu, mereka juga dapat menghemat waktu karena buah jambu sudah dikelompokkan berdasarkan ukuran dan rasanya,” ujar Alvin.

Baca Juga: Pemkot Bogor Akan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pekan Depan

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Humas IPB University

Tags

Terkini

Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Internasional

Selasa, 6 September 2022 | 18:00 WIB

Semua Santri Mahasina Dinyatakan Lulus Seleksi PTN

Senin, 5 September 2022 | 18:00 WIB
X