• Kamis, 1 Desember 2022

Profil Lionel Messi yang Berambisi Bawa Argentina Menang di Piala Dunia 2022

- Rabu, 23 November 2022 | 17:38 WIB
Messi berambisi bawa timnas Argentina untuk menang pada Piala Dunia 2022 (Republika)
Messi berambisi bawa timnas Argentina untuk menang pada Piala Dunia 2022 (Republika)

NOLMETER.COM - Dilansir dari Bola.net, Tak sesuai prediksi kebanyakan orang, timnas Argentina mendulang kekalahan dalam perlagaan melawan Arab Saudi pada Selasa (22/11). Padahal, aroma kemenangan telah tercium ketika kapten Lionel Messi mencetak gol pada menit ke-10. Namun nyatanya, hingga akhir pertandingan timnas ini tak mampu lagi membobol gawang lawan.

Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar ini adalah kesempatan terakhir bagi Messi untuk membawa timnas negaranya pada kemenangan. Pasalnya, ini adalah kali terakhir Messi berlaga di kancah internasional sebab striker Barcelona itu akan sudah pensiun pada ajang piala dunia berikutnya.

Baca Juga: 10 Kemewahan yang ada di Piala Dunia 2022 Qatar

Dilahirkan dengan nama lengkap Lionel Adress Messi pada 24 Juni 1987, ia adalah pemain sepak bola professional Argentina yang bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1, Paris Saint German dan kapten tim nasional Argentina.

Pada usia 16 tahun Messi telah memulai debutnya ketika ia masuk pada menit ke-75 di pertandingan persahabatan melawan Porto. Setelah itu ia bergabung dalam klub Barcelona C pada 2003. Selama 2004-2005 Messi adalah starter dijamin untuk tim Barcelona B di mana ia bermain pada 17 pertandingan dan mencetak gol sebanyak enam kali kesempatan.

Tahun 2012 ia memecahkan beberapa rekor dengan bertanding dan mencetak gol terbanyak. Dua minggu setelah mencetak gol sebanyak empat kali dalam pertandingan melawan Valencia, Messi kembali mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions melawan Bayer Leverkusen.  Hal ini merupakan pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah kompetisi.

Messi kemudian diangkat sebagai kapten baru untuk timnya setelah kepergian kapten Andres Iniesta pada 2018. Di tahun itu ia mengangkat gelar pertamanya sebagai kapten Barcelona Supercoba de Espaa, menyusul kemenangan 2-1 atas Sevilla.

Pada 1 Juli 2021 kontraknya berakhir dengan negosiasi kesepakatan yang rumit dengan pihak Barcelona. Hal ini memungkinkan Messi menjadi agen bebas. Pada tanggal 5 Agustus 2021, Barcelona mengumumkan berakhirnya Messi di klub itu karena masalah keuangan. Menurut klub Barcelona, kendala keuangan dan struktural yang ditimbulkan oleh paraturan La Liga lah yang membuat Messi pergi.

Lima hari setelahnya Messi kembali bergabung dengan  klub Prancis Paris Saint-Germain setelah menandatangi kontrak hingga Juni 2023. Messi memilih nomor 30 untuk nomor skuatnya sebagaimana ketika ia masih di Barcelona. Sepanjang karirnya itu Messi telah mendapat penghargaan baik sebagai wakil dari Argentina, klub maupun penghargaan individu. Ia masih berkesempatan membawa negaranya pada kemenangan di Piala Dunia 2022 ini jika mampu mengalahkan Meksiko dan Polandia.

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Bola.net

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia FIFA 2022: Amerika Serikat Gilas Iran 1-0

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:04 WIB

Piala Dunia Qatar 2022: Maroko Bekuk Belgia 2-0

Rabu, 30 November 2022 | 15:59 WIB
X