• Kamis, 1 Desember 2022

Mengenal Mohammad Al Owais, Kiper Arab Saudi yang Bikin Messi Jiper

- Rabu, 23 November 2022 | 16:19 WIB
Mohammed Al owais, kiper Arab Saudi yang menerima penghargaan Man of the Match.  (Prohaba.co )
Mohammed Al owais, kiper Arab Saudi yang menerima penghargaan Man of the Match. (Prohaba.co )

NOLMETER.COM - Dikutip dari Liputan 6, Para pendukung tim-tim Timur Tengah boleh berbangga dengan performa Arab Saudi dalam perlagaan melawan Argentina pada Selasa (22/11). Pasalnya negara Islam ini berhasil mengalahkan lawannya dengan skor 2-1. Dua gol berhasil dilayangkan oleh Saleh Al Shehri pada menit ke-48 dan oleh Salmen Al Dawsari pada menit ke-53.

Kemenangan Arab Saudi juga tidak lepas dari kiprah Mohammed Al Owais yang menjadi kiper. Bak pahlawan Al Owais berkali-kali menahan sederet tendangan peluang Argentina. Bahkan aksi kipper ini sempat membuat Messi jiper.

Baca Juga: Louis van Gaal Optimis Menangi FIFA World Cup 2022 Qatar

Al Owais adalah salah satu kipper yang dibawa oleh pelatih timnas Arab Saudi, Herve Renard, ke laga Piala Dunia 2022 di Qatar. Dua kipper lainnya adalah Mohammed Al Yami yang bersusia 25 tahun dan awal Al Aqidi yang baru berumur 22 tahun. Al Owais sendiri telah berusia cukup matang, yakni 30 tahun.

Mohammed Al Owais lahir Al-Hasa, Arab Saudi pada 10 Oktober 1991. Ia menggeluti sepak bola sejak 2012 dengan tergabung dalam klub Al-Shahab FC. Saat ini ia tercatat sebagai pemain klub Al-Ahli. Beberapa rekan setimnya adalah Muhammad Assiri, Salman Al-Faraj dan Abdullah Al-Mayouf.

Ketertarikannya pada sepak bola telah tumbuh sejak masa kanak-kanak di mana dia tergabung dalam akademi muda Al-Shahab U-23. Dengan karir semasa muda yang mengesankan, dia dipanggil untuk bermain dengan tim senior di Al-Shahab. Ia menunjukkan kemampuannya dalam 31 pertandingan sejak 2012 hingga 2017. Pada 2022 ini Al Owais telah dikontrak oleh klub Al-Hilal yang berbasis di Riyadh dan kontrakya akan berakhir pada 30 Juni 2025.

Atas aksi heroiknya pada pertandingan Arab- Saudi vs Argentina itu, Mohammed Al Owais dinonatkan sebagai Man of the Match. Sepanjang pertandingan itu ia telah menggagalkan lima kali serangan. Man of the Match sendiri adalah sebutan untuk para pemain yang menurut para penggemar memberikan penampilan terbaik. Penghargaan ini diberikan pada pemain yang sangat berpengaruh selama 90 menit permaian. Kehadiran Al Owais diharapkan membawa Arab Saudi ke-16 besar apabila mereka kembali memenangkan pertandingan melawan Polandia nanti.

Mohammad Al Owais yang tengah naik daun mendapat kekayaan yang fantastis selama berkarir di Al Shahab dan Al Hilal. Setidaknya ia menerima upah mingguan sebesar Rp. 289 juta atau Rp. 15 miliar per tahun. Gajika diperkirakan akan naik pesat setelah ketenarannya pada Piala dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga: Fakta Menarik Di Balik Seringnya Inggris Ricuh dengan FIFA: Negara Ini Dinilai Angkuh

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia FIFA 2022: Amerika Serikat Gilas Iran 1-0

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:04 WIB

Piala Dunia Qatar 2022: Maroko Bekuk Belgia 2-0

Rabu, 30 November 2022 | 15:59 WIB
X