Mengenal FIFA melalui Sejarah, Fungsi dan Tugasnya

- Rabu, 23 November 2022 | 12:55 WIB
FIFA, organisasi induk sepak bola dunia dibentuk pada Mei 1930 (Tangkap Layar Youtube @FIFA)
FIFA, organisasi induk sepak bola dunia dibentuk pada Mei 1930 (Tangkap Layar Youtube @FIFA)

NOLMETER.COM - Melansir dari Kompas.com, Federation Internationale de Football Association atau disingkat FIFA adalah organisasi induk sebak bola di dunia. Sebagai organisasi sepak bola level internasional ia sering disebut-sebut dalam pergelaran pertandingan sepak bola antar negara. Terlebih dalam momen Piala Dunia 2022 di Qatar ini ia tak lepas dari perbincangan.

Namun, barangkali kita perlu mengenal lebih detil bagaimana sejarah terbentuknya FIFA. Pun juga bagaimana dengan fungsi dan tugasnya. Sebab, sebagaimana dengan sepak bola sendiri ia tak muncul begitu saja dan langsung populer.

Baca Juga: Sejarah Permaian Sepakbola, Awalnya sebagai Ritual Agama: Tim yang Kalah Dikurbankan pada Dewa!

FIFA didirikan pada 21 Mei 1909 oleh tujuh negara di Eropa. Ketujuh negara tersebut adalah Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia. Perwakilan ketujuh negara-negara kuat tersebut menandatangani di Gedung Asosiasi Atletik, Paris, Prancis.

Sedangkan perwakilan negara-negara tersebut adalah Robert Guerin dan Andre Espir (Prancis), Louis Muhlinghaus dan Max Kahn (Belgia). Spanyol diwakili oleh Andre Espir dan Denmark diwakili leh Ludvig Sylow. Sementara itu Carl Anton Wilhelm Hirscham ditunjuk oleh Belanda sebagai perwakilan dan Victor E. Schneider merupaka wakil dari Swedia.

Setelah FIFA berdiri, organisasi itu kemudian kompetisi sepak bola terbesar di dunia, yakni Piala Dunia. Gelaran Piala Dunia itu pertama kali diselenggaraka di Uruguay pada 1930. Perhelatan itu diprakarsai oleh Presiden FIFA ketiga Jules Rimet. Piala Dunia ini terinspirasi dari turnamen olahraga dunia yang cukup bergengsi, yakni olimpiade.

FIFA juga terbagung dalam IFAB atau Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasinoal. Ia tergabung bersama FA milik Inggris, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales.

Lalu, apa fungsi FIFA? Sebagai organisasi induk sepak bola dunia FIFA memiliki fusngsi yang sangat penting. Ia memastikan agar kompetisi sepak bola professional dapat terlaksana dengan sempurna. Ia juga bersungsi menyusun peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan dalam permainan sepakbola, serta memastikan pengaplikasiannya. Ia juga berhungsi mengontrol dan mengatur sepa bola professional yang bersifat global.

Sedangkan tugas FIFA adalah untuk mempromosikan sepak bola, mengatur transfer/perpindahan pemain antar tim, memberikan gelar permain terbaik FIFA dan menerbitkan peringkat dunia FIFA tiap bulannya. FIFA juga bertugas memberikan sanksi kepada tim yang melanggar aturan.  

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapan Jadwal Indonesia VS Thailand di Piala AFF 2022?

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:20 WIB

Meski Kalah, Tim Maroko Tetap Sujud Syukur

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:36 WIB
X