• Kamis, 1 Desember 2022

Dari Willie hingga La’eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Paling Menggemaskan?

- Rabu, 23 November 2022 | 10:26 WIB
Laeeb, maskot Piala Dunia 2022 yang menggemaskan (Jatim Network)
Laeeb, maskot Piala Dunia 2022 yang menggemaskan (Jatim Network)

NOLMETER.COM - Dilansir dari Liputan 6 dan IDN Times, Piala Dunia merupakan ajang kompetisi sepakbola level internasional yang digelar setiap empat tahun sekali. Perhelatan ini diadakan sejak 1930. Namun baru pada tahun 1966 yatu pada Piala Dunia yang diselenggarakan di Inggris FIFA menggunakan maskot.

Sebuah maskot didesain dengan karakternya yang unik untuk promosi sebuah ajang dan menghibur penonton di ajang tersebut. Namun seiring waktu perannya berubah menjadi tuan rumah dan merchandise produk. Pada gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar ini maskot yang digunakan adalah La’eeb.

Baca Juga: Tite Siapkan Strategi Rahasia untuk Melaju di FIFA World Cup 2022 Qatar

Pada gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar kali ini, FIFA mengadaptasi hal baru untuk membuat maskot. Jika pada piala dunia-piala dunia sebelumnya digunakan karakter hewan, kali ini FIFA menyajikan karakter bocah yang mengenakan qamis dan sorban putih dan sedang tersenyum. La’eeb sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti pemain yang sangat terampil atau berkemampua super.

Di ajang Piala Dunia tahun 1966 di Inggris, FIFA menghadirkan karakter Willie yang diadaptasi dari singa jantan. Hal ini sesuai dengan simbol timnas sang tuan rumah, The Three Lions. Karakter ini dibuat oleh illustrator buku anak-anak berkebangsaan Inggris, Reg Hoye. Kepopuerannya sempat membuat World Cup Willie menjadi tokoh utama dalam komik strip karya komikus Bil Titcombe.

Pada gelaran Piala Dunia berikutya di Meksiko, FIFA mengusung karakter Juanito. Ia diambil dari nama Juan, nama yang umum dipakai di negara ini. Karakter ini digambarkan sebagai anak laki-laki berpipi tembem da mengenakan topi lebar khas Meksiko bertuliskan namanya.

Sementara itu tahun 1974 saat gelaran Piala Dunia di Jerman, karakter Tip dan Tap dijadikan maskot perlagaan. Ini merupakan maskot pertama yang terdiri dari dua karakter yang berbeda. Keduanya adalah anak laki-laki yang mengenakan jersey tim Jerman Barat yang masing-masing bertuliskan WM da 74. Kata WM merupakan kependekan dari kata Weltmeisterschaft yang berarti Piala Dunia. Tip dan Tap sendiri merupakan lambang keharmonisan dan semangat permainan yang adil.

Empat tahun kemudian saat penyelenggaraan Piala Dunia di Argentina pada 1978, karakter Gauchito dijadikan maskot. Ia digambarkan sebagai gaucho atau gembala hewan lokal di Argentina. Ia memakai jersey Argentina dan menggiring bola, namun juga tak melepas atribut gembala seperti cambuk, topi dan syal.

Baca Juga: Gareth Southgate Optimis akan Penampilan Inggris di Qatar

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: IDN Times, Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia FIFA 2022: Amerika Serikat Gilas Iran 1-0

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:04 WIB

Piala Dunia Qatar 2022: Maroko Bekuk Belgia 2-0

Rabu, 30 November 2022 | 15:59 WIB
X