Pertama Kali Digelar di Timur Tengah, Berikut Sederet Fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022 di Qatar

- Selasa, 22 November 2022 | 17:24 WIB
Qatar adalah negara pertama di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala dunia pada 2022 (Detik.com)
Qatar adalah negara pertama di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala dunia pada 2022 (Detik.com)

 

NOLMETER.COM - Dilansir dari Liputan 6, Turnamen internasional sepakbola tahun 2022 kali ini rupanya pertama kalinya diselenggarakan di Timur Tengah. Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar ini mengusung 32 timnas dari termasuk tuan rumah Qatar. Pertandingan akan berlangsung selama sebulan, dari 21 November hingga 18 Desember.

Menariknya, Qatar menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 yang secara otomatis menjadi tuan rumah ketika mereka memenangkan tender untuk menyelenggarakan turnamen. Hal menarik lainnya adalah ajang ini akan menjadi momen terakhir bagi pemain sepakbola kenamaan seperti Christiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk berlaga di panggung internasional.

Selain itu ada beberapa fakta menarik lainnya yang bisa Anda simak berikut ini;

  1. Termahal

Untuk memaksimalkan perhelatan bergengsi ini, Qatar mengahabiskan dana $200 miliar untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur. Hal itu mencakup pembangunan stadion, jalan raya, hotel dan sebagainya. Hal ini membuat gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi slaah satu Piala Dunia termahal sepanjang sejarah.

 Baca Juga: Benarkah MV Dreamers Jungkook BTS, Soundtrack Piala Dunia 2022 Akan Rilis? Cek Faktanya

  1. Robot Hakim Garis

Penyelenggaraan pertandingan dibantu dengan teknologi off-side semi otomatis seperti yang disetujui oleh FIFA. Hal ini untuk membantu mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menentukan off-side secara lebih akurat. Menurut FIFA teknologi ini memangkas waktu rata-rata 70 detik sebelum gol dapat dirayakan hingga menjadi hanya 25 detik. 12 kamera juga akan ditempatkan di bawah atap stadion untuk melacak 29 bagian tubuh setiap pemain.

 

  1. Hanya Sedikit Stadion

Meski menghabiskan biaya terbanyak, faktanya Qatar hanya menyediakan sedikit stadion pada gelaran Piala Dunia 2022. Terhitung hanya ada delapan stadion yang akan dipergunakan untuk bertanding. Qatar bukan satu-satunya, pada Piala dunia 1978 Argentina yang menjadi tuan rumah juga hanya menyediakan enam stadium.

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Liputan 6

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapan Jadwal Indonesia VS Thailand di Piala AFF 2022?

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:20 WIB

Meski Kalah, Tim Maroko Tetap Sujud Syukur

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:36 WIB
X