• Jumat, 2 Desember 2022

Jokowi : Pemerintah Beri Bantuan Uang bagi Korban Gempa di Cianjur untuk Perbaiki Rumah

- Rabu, 23 November 2022 | 05:53 WIB
Presiden Jokowi mengunjungi korba gempa di Cianjur, Jabar.  (BNPB)
Presiden Jokowi mengunjungi korba gempa di Cianjur, Jabar. (BNPB)

NOLMETER.COM - Dilansir dari Kompas.com, Saat mengunjungi lokasi gempa di Cianjur, Presiden Jokowi meyatakan bahwa pemerintah akan memberi bantuan bagi warga yang rumahnya rusak. “Rumah-rumah yang rusak ringan, sampai rusak parah, akan mendapat bantuan. Pemerintah akan memberikan bantuan,” ujarnya pada Selasa (22/11).

Lebih lanjut Jokowi menyebutkan, bantuan uang tersebut berbeda-beda nominalnya. Hal itu tergantung dari seberapa berat kerusakan yang dialami. Namun, perkiraan jumlahnya dari Rp.10 juta hingga Rp. 50 juta.

Baca Juga: Butuh Uluran Tangan Anda! Urban Media Network Buka Donasi Bantu Korban Terdampak Gempa Cianjur

Rumah yang rusak berat akan mendapatkan bantuan uang senilai Rp. 50 juta, dan yang rusak sedang akan menerima uang senilai Rp. 25 juta. Sementara, bantuan senilai Rp. 10 juta akan diberikan pada warga yang rumahnya rusak ringan.

Perihal perbaikan rumah, Jokowi menekankan harus mengikuti standar bangunan antigempa megingat wilayah Cianjur merupakan daerah rawan bencana. “Sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah antigempa,” ujar Jokowi.

Gempa bumi dengan kekuatan 5.6 magnitudo terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) sekitar pukul 13.21 WIB. Bencana alam tersebut meluluhlantakkan bangunan dan rumah-rumah warga. Selain itu terdapat sedikitnya 162 korba tewas dan 370 orang luka-luka. Sementara itu sebanyak 13.000 orang mengungsi ke tempat yang aman.

Masih dilansir dari Kompas.com, kunjungan Presiden Jokowi ke Cianjur ini dilakukan melalui jalur darat. Ia dan rombongan bertolak pada pukul 11.25 WIB dari Jakarta. Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekertariat Presiden, mengatakan perjalanan ke Cianjur ditemput dengan kendaraan roda empat meskipun Presiden bisa menggunakan helikopter.

“Presiden memilih menggunakan mobil guna memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa sudah kembali dibuka,” ujar Bey. Ia juga menjelaskan bahwa Presiden ingin memastikan jika bantuan logistic seperti makanan, obat-obatan dan pakaian dan lain sebagainya tidak mengalami hambatan dalam pengiriman.

Baca Juga: Ruas Jalan Cipanas - Cianjur Telah Terbuka!

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ruas Jalan Cipanas - Cianjur Telah Terbuka!

Selasa, 22 November 2022 | 18:12 WIB

Istana Pindah, Pohon Beringinnya Menyusul

Selasa, 22 November 2022 | 13:55 WIB
X