• Selasa, 7 Februari 2023

Presiden Jokowi Pidato: Pembangunan Infrastruktur Merata, Tidak Jawasentris!

- Senin, 28 November 2022 | 09:06 WIB
Presiden Jokowi pidato di depan Relawan Nusantara Bersatu (26/11/22)/Foto: You Tube
Presiden Jokowi pidato di depan Relawan Nusantara Bersatu (26/11/22)/Foto: You Tube

NOLMETER.com - Di hadapan ribuan relawan Presiden Jokowi, dalam pidatonya, menyampaikan jika tidak benar bahwa pembangunan di Indonesia terkesan Jawasentris. Menurut beliau, pembanguna infrastruktur dilakukan juga di luar Jawa. 

Pidato tersebut disampaikan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Sabtu (26/11) dalam acara konsolidasi dengan Relawan Nusantara Bersatu

Baca Juga: Presiden Jokowi Pidato Tentang Ciri-ciri Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

"Telah delapan tahun kita bekerja, membangun jalan-jalan, airport, pelabuhan baik di Jawa maupun di luar Jawa. Kita bangun airport dan pelabuhan baru terutama di luar Jawa. Inilah yang namanya pondasi infrastruktur," ujar beliau. 

Jokowi mengatakan, pondasi infrastruktur itulah yang akan menjadi modal bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara lain. Jika transportasi tidak mendukung maka akan sulit untuk unggul dalam kompetisi global. 

"Karena ada infrastruktur, petani bisa menjual padinya ke kota. Nelayan bisa menjual ikannya ke kota. Produk-produk UMKM di desa juga bisa dibawa ke kota dan ekspor karena kita memiliki jalan, pelabuhan dan airport yang mendukung," lanjut Jokowi. 

"Jalan tol di jawa semua sudah terhubung. Tinggal satu di Banyuwangi yang akan kita kejar di 2023. Dulu jarak Lampung ke Palembang bisa lama sekali, sekarang setelah ada jalan tol, kita bisa menghemat waktu hingga separuhnya." 

Baca Juga: Presiden Jokowi Pidato: Hilirisasi Hingga Tercapai 7 Triliun Dolar US pada Tahun Indonesia Emas 2045

Presiden juga mengatakan bahwa bukan hanya jalan yang diperhatikan, bendungan-bendungan dan irigasi juga dibangun. Hal itu untuk mendukung para petani di seluruh Indonesia yang mencakup 38 provinsi. 

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: YouTube RANS Entertainment

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X