• Selasa, 7 Februari 2023

Tertib, Pelaksanaan Muktamar di Surakarta Bebas Sampah

- Senin, 21 November 2022 | 12:39 WIB
Muktamar tertib, resik, hasil baik.  (IG @lllhpbppaisiyah)
Muktamar tertib, resik, hasil baik. (IG @lllhpbppaisiyah)

 

NOLMETER.COM - Perlehatan akbar yang diselenggarakan oleh ormas Islam terbesar kedua pada 18-20 November 2022 berlangsung tertib. Perhelatan yang dimaksud adalah Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisiyah di Surakarta. Muktamar sendiri, dilansir dari laman resmi muktamar48.id, merupakan permusyawaratan tertinggi di organisasi Muhammadiyah. Salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Selain itu Muktamar Muhammadiyah menjadi momen regenerasi, silaturahim dan anjangsana bagi warga peserikatan Muhammadiyah di seluruh Indonesia yang disebut penggembira. Para penggembira yang datang dari berbagai daerah ini memadati Kota Solo sejak Kamis, 17/11/22 lalu. Dilansir dari berbagai sumber para peserta ini ada yang menginap di hotel, kantor-kantor dan kampus serta sekolah milik Muhammadiyah secara gratis.

Baca Juga: Urban Media Kreasi dan Bapera Sukmajaya Depok Gelar Workshop Content Creator

Stadion Manahan Solo sebagai tempat diselenggarakannya pembukaan muktamar pun penuh oleh penggembira. Tak hanya di dalam gedung, massa yang tidak bisa masuk ke gedung masih bisa mengikuti jalannya acara dengan menyimak melalui layar lebar di luar stadion. Seperti dikutip dari IG resmi @muktamar.48, pelaksanaan muktamar ini diusahakan untuk bebas sampah. Panitia tidak menyediakan air minum dalam kemasan dan mewajibkan perserta membawa sendiri botol air minum dan peralatan makan.

Menurut Nurni Akma, Ketua Lembaga Lingkugan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisiyah hal ini untuk menampilkan wajah Islam yang bersih, indah dan bermartabat. Karena itu kegiatan muktamar ini harus menjadi kegiatan yang zero waste atau nol sampah.

Seperti dikutip dari laman IG @lhpbaisiyah muktamar kali ini memiliki tagline Green Muktamar 48, Gerakan Muktamar Resik. Selain diharuskan mengurangi sampah plastic dengan membawa botol minum dan peralatan makan sendiri, peserta muktamar juga diwajibkan untuk mengurangi sampah makanan. Oleh sebab itu mereka disarankan untuk mengambil makanan secukupnya.

Bahkan, panitia tidak menyediakan alat sekali pakai seperti styrofoam atau kardus makanan, tissue, plastik dan minuman kaleng. Setiap peserta bertanggung jawab dengan sampahnya masing-masing.

Baca Juga: Tetap Professional Roasting Anies Baswedan, Kiky Saputri Tegar saat Kehilangan 2,5 Miliar

Halaman:

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: IG @llhbppaisiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X