• Selasa, 27 September 2022

Lepas Kloter Terakhir, Sekjen Apresiasi Jemaah Harumkan Nama Indonesia

Andri B.Soleh
- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:59 WIB
Kepulangan jemaah Indonesia yang tergabung dalam kloter 43 embarkasi Solo (SOC 43) Jawa Tengah (Kemenag)
Kepulangan jemaah Indonesia yang tergabung dalam kloter 43 embarkasi Solo (SOC 43) Jawa Tengah (Kemenag)

NOLMETER.COM - Operasional Haji 1443 H/2022 M berakhir dengan kepulangan jemaah Indonesia yang tergabung dalam kloter 43 embarkasi Solo (SOC 43) Jawa Tengah. Keberangkatan SOC 43 dilepas Sekjen Kemenag Nizar Ali. Kloter terakhir ini merupakan gabungan jemaah dari empat kabupaten, yaitu: Purbalingga, Pekalongan, Sleman, dan Kota Tegal.

Mewakili Menag, Nizar menyampaikan apresiasi kepada jemaah haji karena sudah bisa membawa nama harum bangsa Indonesia di luar negeri. "Ini dibuktikan dengan penghargaan yang diterima Indonesia, salah satunya penghargaan terbaik dari Wukala," jelas Nizar di Paviliun 2 Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Sabtu (13/8).

Tidak ada gading yang tak retak, lanjut pria kelahiran Jepara ini, pemerintah juga meminta maaf apabila dalam melayani ada ketidaknyamanan, “Pemerintah diberi tanggung jawab melayani, agar bisa memberikan pelayanan terbaik. Kami minta maaf jika ada kesalahan dalam pelayanan," ucapnya.

Baca Juga: 89.724 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

"Atas nama pemerintah, kami juga sampaikan terima kasih kepada PPIH yang sudah sekuat tenaga melayani jemaah.  Tanpa petugas, kami tidak bisa apa-apa. Semuan petugas, termasuk Kemenkes,” paparnya. 

Nizar berharap seluruh jemaah mendapat haji mabrur. Lebih dari itu, sekembalinya ke tanah air juga bisa tetap menjaga kemabrurannya. 

 

Nizar melanjutkan, bahwa saat ini masih terdapat 11 jemaah yang dirawat di Arab Saudi. Rinciannya, 10 jemaah reguler, dan 1 jemaah haji khusus. 

“Kami panitia bertanggung jawab sampai kepulangannya ke tanah air,” tegas Sekjen.

Baca Juga: Saudi Beri Penghargaan Indonesia Atas Layanan Haji di Bandara Haji

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X