• Senin, 15 Agustus 2022

Jemaah Yang Sakit Di Madinah Mulai Dievakuasi Ke Mekkah

Andri B.Soleh
- Kamis, 30 Juni 2022 | 18:30 WIB
Salah satu jemaah yang sakit di Madinah dievakuasi ke Mekkah (Kemenkes)
Salah satu jemaah yang sakit di Madinah dievakuasi ke Mekkah (Kemenkes)
NOLMETER.COM - Seiring dengan pergeseran jemaah haji gelombang pertama dari Madinah ke Makkah di musim haji 1443 H, jemaah yang dirawat di fasilitas kesehatan di Madinah dievakuasi ke fasilitas kesehatan di Makkah.
 
Pada Senin (27/6) dilaksanakan evakuasi tiga orang pasien dari KKHI Madinah menuju KKHI Makkah, setelah sebelumnya dua orang pasien dievakuasi terlebih dahulu. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr. Enny Nuryanti.
 
''Yang dievakuasi pada hari ini sebanyak 3 pasien,'' Jelas dr. Enny.
 
 
Kriteria jemaah yang bisa diberangkatkan adalah jemaah sakit dengan kondisi stabil dan kloternya sudah berangkat ke Makkah. Proses evakuasi jemaah sakit dilakukan dengan ambulans dengan didampingi petugas kesehatan, yaitu satu orang dokter dan satu orang perawat.
 
''Agar jemaah haji tetap dalam kondisi perawatan dan pengawasan selama perjalanan,'' tambahnya.
 
Dari lima pasien yang dilakukan proses evakuasi, sebanyak 4 pasien dievakuasi dengan kondisi baring, sementara satu pasien dievakuasi dengan kondisi duduk. Sebelum dilakukannya proses evakuasi, petugas kesehatan terlebih dahulu melakukan seleksi bagi jemaah yang dirawat di KKHI Madinah, untuk memastikan kondisi yang paling memungkinkan untuk dilakukan perjalanan dari KKHI Madinah menuju Makkah.
 
''Jemaah haji dalam kondisi transportable (memenuhi kriteria untuk ditransfer), tertinggal kloter karena proses perawatan,'' tambah dr. Enny.
 
Sementara itu, Kepala KKHI Makkah, dr. Andi Ardjuna Sakti mengatakan bahwa pasien yang dievakuasi dari KKHI Madinah sudah tiba di KKHI Makkah dengan selamat.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan Makanan Untuk Jemaah Haji Dengan Inspeksi
 
''Sudah ada di sini semua,'' Ujar dr. Ardjuna.Lebih lanjut, dr. Ardjuna mengatakan bahwa jemaah yang dievakuasi diberikan kesempatan untuk melakukan umrah dengan miqat di Bir Ali.

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SOC 43 Menutup Penyelenggaraan Haji 1443 H

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:44 WIB

Ini Strategi Kemenkes Menurunkan Kematian Jemaah Haji

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Harapan Keluarga Penerima Gelar Tanda Kehormatan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Petani Rawat Kelapa Genjah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X