• Senin, 15 Agustus 2022

Tim Kesehatan Haji Siap Hadapi Puncak Haji Armuzna

Andri B.Soleh
- Kamis, 30 Juni 2022 | 11:30 WIB
Skrining untuk jemaah haji (Kemenkes)
Skrining untuk jemaah haji (Kemenkes)

NOLMETER.COM - Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) mulai memfokuskan tenaga kesehatan menghadapi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

“Seluruh tenaga kita fokuskan di Armuzna, yang dari Madinah juga sudah ada di Makkah,” kata Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji, Budi Sylvana, Rabu (29/6).

Untuk Armuzna, sebanyak 782 orang tenaga kesehatan akan diturunkan. Mereka terdiri dari 48 dokter spesialis, 67 dokter umum, serta ratusan perawat.

Dokter spesialis yang diterjunkan di antaranya spesialis jantung, spesialis paru, spesialis penyakit dalam, anastesi, bedah ortopedi, kulit dan kelamin, mata, dan spesialis jiwa.

Baca Juga: Jemaah Haji Sering Melakukan Peregangan Atau Pakai Kaus Kaki Khusus Dalam Pesawat

“Tenaga dokter dan perawat Insya Allah sudah siap. Obat-obatan juga mencukupi untuk puncak Armuzna,” ujarnya.

Saat puncak haji, KKHI juga akan mulai mencoba rompi penurun panas atau Carbon Cool. Rompi ini didesain khusus untuk jemaah yang mengalami heat stroke akibat udara yang cukup panas.

“Di Indonesia ini pernah diuji coba dan berhasil. Nanti akan kita coba apakah efektif untuk jemaah heat stroke,” ujarnya.

Menjelang puncak haji, KKHI juga melakukan screaning khusus bagi jemaah dengan risiko tinggi. Mereka didata di kloter dan sektor. Jika risiko tinggi dengan komorbid, jemaah akan dijemput untuk dilakukan medical check up di KKHI. “Sudah 500-an jemaah yang kita screaning,” ujarnya. 

Jika medical check up menunjukkan jemaah tidak memungkinkan ikut Armuzna, maka KKHI akan mengusulkan agar yang bersangkutan ikut program safari wukuf.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: kemenkes, Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SOC 43 Menutup Penyelenggaraan Haji 1443 H

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:44 WIB

Ini Strategi Kemenkes Menurunkan Kematian Jemaah Haji

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Harapan Keluarga Penerima Gelar Tanda Kehormatan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Presiden Jokowi Ingatkan Petani Rawat Kelapa Genjah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X