• Sabtu, 2 Juli 2022

TNI AU Mengevakuasi Korban Pesawat Susi Air Yang Jatuh Di Timika

Andri B.Soleh
- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:54 WIB
Proses evakuasi menggunakan Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaya Bogor. (Dispen TNI AU/Instagram/@militerudara)
Proses evakuasi menggunakan Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaya Bogor. (Dispen TNI AU/Instagram/@militerudara)

NOLMETER.COMTNI AU mengevakuasi seluruh korban kecelakaan pesawat jenis Pilatus Porter PC-6 milik Susi Air dengan nomor register  PK-BVM yang jatuh di Timika, Kamis (23/6/2022). Pesawat PK-BVM ini mengalami kecelakaan dan ditemukan 3 Nm utara dari runway Duma (radial 330 30 Nm dari Timika) pada pukul 07.55 WIT.

Proses evakuasi menggunakan Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaya Bogor. Helikopter yang diterbangkan Mayor Pnb Adam dan Lettu Pnb Taufiq, membawa 3 orang Tim Basarnas  dan 2 personel Kopasgat.

Helikopter lepas landas dari Bandara Mozez Kilangin, Timika, pukul 11.16 WIT menuju sasaran lokasi tempat pesawat  jatuh. Operasi penyelamatan ini berhasil mengevakuasi  seluruh penumpangnya dengan selamat. Pesawat Pilatus Porter PC-06 PK-BVM tujuan Timika-Duma ini diterbangkan Capt Dayle Peter beserta 6 penumpang.

Baca Juga: Pencarian Korban Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines Terus Dilakukan, Pemerintah Pastikan Semua Tewas

Selah melakukan evakuasi, Helikopter Caracal HT-7202 ini kemudian  kembali menuju Bandara Mozez Kilangin Timika dan mendarat dengan aman pada pukul 12.05 WIT. Seluruh penumpang yang dibawa helikopter dalam kondisi selamat. Para korban langsung diarahkan dengan ambulan untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika, unntuk dilakukan pengobatan dan pemulihan pasca kecelakaan.

Evakuasi pesawat Susi Air PK BVM juga melibatkan tim SAR Timika, Polsek KP3 U Bandara Timika, Lanud Yohanes Kapiyau dan pihak maskapai Susi Air.

Kondisi Pesawat Susi Air PK BVM saat diemukan dalam kondisi rusak berat. Pesawat mengalami  Crash Landing pada lokasi jatuh. Kecelakaan terjadi pada saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika ke Duma, Distrik Dumadama Kabupaten Paniai.


Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Dispen TNI AU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Duka, MenPan - RB Tjahjo Kumolo Berpulang

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:21 WIB
X