• Sabtu, 2 Juli 2022

Cek Seleksi Jalur Mandiri ITB dan IPB University, Buat Yang Masih Coba PTN

Andri B.Soleh
- Kamis, 23 Juni 2022 | 16:03 WIB
Bangunan ITB yang khas (ITB)
Bangunan ITB yang khas (ITB)

NOLMETER.COM - Pengumuman hasil UTBK SBMPTN baru saja diumumkan. Mungkin ada yang hasilnya menggembirakan, tapi juga ada yang hasilnya mengecewakan. Tapi banyak kesempatan untuk bisa  kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Setelah lewat SMNPTN atau SBMPTN gagal, masih ada pintu lain yaitu Seleksi Jalur Mandiri.

Yuk kita lihat, PTN mana saja yang masih buka jalur mandiri terutama untuk PTN yang masih menggunakan nama  istitut di Jawa Barat. Ada dua yang akan kita lihat yaitu ITB Bandung dan IPB University di Bogor.

Institut Teknologi Bandung  ITB - Hingga 26 Juni 2022

Dalam proses penerimaan SM-ITB, ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria.

Baca Juga: Belum Lolos SBMPTN , Coba Seleksi Jalur Mandiri UNPAD dan UPI Bandung

Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

  • Hasil UTBK dan nilai rapor bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD
  • Hasil UTBK dan nilai rapor, hasil kemampuan seni rupa, bagi pendaftar ke FSRD

ITB tidak menetapkan nilai rapor minimum dan/atau nilai UTBK minimum sebagai persyaratan peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Seleksi dilaksanakan berdasarkan capaian terbaik dari nilai rapor dan nilai UTBK peserta. Khusus bagi pendaftar FSRD, selain berdasarkan nilai rapor dan nilai UTBK, seleksi juga mempertimbangkan hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, yang akan diselenggarakan ITB secara luring.   

Untuk mendapatkan informasi lebih mendetil hingga pendaftaran silahkan buka laman resmi di : https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri

IPB University - Hingga 25 Juni 2022

Kampus IPB University (IPB University)

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: ITB, IPB University

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Duka, MenPan - RB Tjahjo Kumolo Berpulang

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:21 WIB
X