• Sabtu, 2 Juli 2022

Pelepasan Lampion Jadi Pemuncak Rangkaian Waisak

Andri B.Soleh
- Selasa, 17 Mei 2022 | 07:00 WIB
Pelepasan lampion di Pelataran Candi Agung Borobudur, Senin (16/5). (Kemenag)
Pelepasan lampion di Pelataran Candi Agung Borobudur, Senin (16/5). (Kemenag)

NOLMETER.COM - Cahaya berpendar terang kala ratusan umat Buddha mulai melepaskan lampion ke langit Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5) malam.  

Festival lampion ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhist yang dipusatkan di Candi Agung Borobudur.  Ratusan lampion yang dinyalakan malam ini merupakan simbol kesediaan umat Buddha untuk menyalakan cahaya perdamaian. 

Selain itu,  prosesi penyalaan cahaya lampion juga menjadi simbol untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini dunia kerap diselimuti kegelapan, banyak kesedihan, kesakitan, dan lain-lain. 

Persiapan melepas lampion (Kemenag)

Dengan terangnya cahaya, diharapkan dapat menjadi tanda bahwa ke depan dunia akan semakin membaik dan memberikan kebahagiaan. Ini sesuai dengan tema Waisak tahun ini, yakni jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati.

Baca Juga: Umat Buddha Ikuti Puja Bhakti Waisak

Sebelum menyalakan cahaya lilin dan lampion, ratusan umat mengikuti ritual meditasi. Ini merupakan upaya spiritual untuk menyalakan  cahaya kedamaian di dalam diri masing - masing. Cahaya kedamaian dari dalam diri ini yang selanjutnya dapat disebarkan kepada dunia.

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Duka, MenPan - RB Tjahjo Kumolo Berpulang

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:21 WIB
X