• Kamis, 1 Desember 2022

Sinovac akan Digunakan Sebagai Vaksin Booster

Andri B.Soleh
- Jumat, 29 April 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi vaksin (Pixabay/ ronstik)
Ilustrasi vaksin (Pixabay/ ronstik)

NOLMETER.COM -  Pemerintah berkomitmen menyediakan setiap dosis vaksin yang efektif serta aman. Pemerintah telah memutuskan vaksin Sinovac menjadi booster melalui perumusan oleh para ahli salah satunya dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatio. (ITAGI).

"Dengan ini, maka masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir lagi karena Pemerintah berkomitmen menyedikan dosis vaksin yang efektif dan aman," Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers di Graha BNPB,  yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait dengan mekanisme pemberian vaksin Sinovac sebagai booster akan sama seperti vaksinasi pada umumnya. Sejalan dengan penetapan ini, pemerintah akan terus menambah pasokan vaksin agar bisa mencukupi kebutuhan baik dari mekanisme pembelian atau kerjasama bilateral.

Baca Juga: Penerima Vaksin Janssen (J&J) dapat Memperoleh Vaksinasi Booster

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, Pemerintah juga berupaya menjamin penyediaan vaksin halal dalam program vaksinasi nasional. Perlu diketahui bahwa kehalalan sebuah produk umumnya dipertimbangkan dari bahan dan turunannya yang digunakan dalam proses pembuatan, dan dinyatakan tidak sah apabila tidak sesuai hukum syariah.

Seiring meningkatnya kapasitas vaksin halal seperti Sinovac dan vaksin lainnya, maka penggunaan vaksin COVID-19 untuk umat muslim akan digantikan sepenuhnya dengan vaksin yang sudah mendapatkan fatwa halal.

Editor: Andri B.Soleh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemberian Anugerah Reksa Bandha oleh Sri Mulyani

Sabtu, 26 November 2022 | 23:47 WIB

Tertib, Pelaksanaan Muktamar di Surakarta Bebas Sampah

Senin, 21 November 2022 | 12:39 WIB
X