• Sabtu, 29 Januari 2022

Terseret Arus Saat Susur Sungai, 11 Siswa Tewas

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:10 WIB
Ilustrasi Pencarian Korban Terseret Arus Sungai (Pexels)
Ilustrasi Pencarian Korban Terseret Arus Sungai (Pexels)

NOLMETER.COM - Kegiatan susur sungai yang dilakukan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memakan korban. Kegiatan ini merupakan kegiatan pramuka yang diadakan sekolah tersebut.

Sebanyak 11 siswa tewas terbawa arus saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Kegiatan yang berlangsung pada Jumat sore, 15 Oktober 2021, dilakukan di sungai Cieluer, Leuwi III, Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis,

Terdapat sekitar 150 siswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Mereka yang ikut dalam kegiatan ini merupakan siswa kelas VII MTS Harapan baru. Kegiatan susur sungai ini juga didampingi oleh guru sekolah.

Baca Juga: Gempa Bali, Kabupaten Bangli dan Karangasem Mengalami Dampak Paling Parah

Dalam kegiatan susur sungai, siswa dibagi per kelompok yang masing-masing rombongan dipimpin seorang guru. Susur sungai dimulai dari jembatan utama Desa Utama. Rombongan kemudian menyusur Sungai Cileueur yang saat itu dalam kondisi tenang.

Namun saat kegiatan selesai hanya ada 139 siswa yang kembali. Didiuga satu rombongan yang terdiri dari 21 orang terseret arus sungai yang meluap secara tiba-tiba. Sebanyak 10 orang berhasil menyelamatkan diri, sementara 11 lainnya tak mampu melawan arus yang menyeret mereka.

Tim SAR yang mendapat laporan musibah itu langsung melakukan upaya pencarian. Tim SAR  yang juga dibantu warga setempat akhirnya menemukan 11 siswa  di muara sungai setelah terbawa arus. Mereka ditemukan dalam keadaan tewas. Sebelas siswa yang meninggal terdiri dari delapan laki-laki dan tiga perempuan.

Baca Juga: KPK Tangkap Tangan Bupati Musi Banyuasin Yang Merupakan Anak Dari Alex Noerdin

Selain 11 orang meninggal, ada dua korban yang dirawat di RSUD Ciamis yakni seorang guru dan satu orang siswa.

Halaman:

Editor: Abdul Kholik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus COVID-19 di Indonesia Paling Terkendali di Asia

Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:00 WIB

Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura Dibuka

Kamis, 27 Januari 2022 | 13:00 WIB

Edi Mulyadi Akan Diperiksa di Mabes Polri Besok

Kamis, 27 Januari 2022 | 07:33 WIB

Wapres Kunjungi Terdampak Gempa Di Pandeglang

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:40 WIB
X