• Minggu, 5 Februari 2023

Raja-Raja Se-Nusantara Gelar Pertemuan di Sumedang

- Rabu, 29 September 2021 | 15:00 WIB
Majelis Adat Kerajaan Nusantara
Majelis Adat Kerajaan Nusantara

Nolmeter.com – Sebanyak 44 Raja se-Nusantara melakukan pertemuan di Kabupaten Sumedang, 28-29 September 2021. Pertemuan digelar di Karaton Sumedang Larang atau Komplek Museum Prabu Geusan Ulun

Perhelatan yang digelar dalam bentuk  Musyawarah Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) dan juga Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) 2021. Perhelatan diselenggarakan dengan konsep virtual hybrid dengan protokol kesehatan yang  ketat. Selain dihadiri para Raja se-Nusantara, perhelatan juga akan dihadiri oleh Ketua DPD RI dan Anggota DPD RI serta 10 Bupati yang memiliki Keratonan

MAKN merupakan kegiatan yang mengikatkan tali silaturahmi antara kerajaan se-nusantara. Pembukaan telah dilaksanakan pada Selasa malam (28/9). Penyelenggaraan MAKN ke-1 tahun 2021 ini merupakan kerja bareng Pemda Kabupaten Sumedang, Keraton Sumedang Larang, Majelis Adat Kerajaan Nusantara  (MAKN) dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Baca Juga: BTS Akan Gelar Konser Offline di Amerika November Mendatang

Kegiatan ini berlangsung terbatas dan tertutup untuk umum. Namun kegiatan yang akan dilaksanakan secara virtual hybrid, masih bisa disaksikan oleh masyarakat melalui kanal YouTube Karaton Sumedang Larang.

"Sumedang saat ini ada di PPKM level 3, walaupun berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan ada di Level 2. Sehubungan dengan hal itu, event nasional ini diselenggarakan dengan penerapan prokes yang ketat. Untuk acara pendukung berupa tampilan seni dan  budaya khas Kasumedangan, akan dilaksanakan secara virtual," kata Tim Pengarah, yang juga Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman.

Acara puncak digelar Rabu, 29 September 2021 ini, di depan Gedung Negara Kabupaten Sumedang secara outdoor. Acara akan diisi dengan berbagai sambutan, tarian topeng kelana, atraksi silat, tour Museum Prabu Geusan Ulun, serta diskusi dan musyawarah. 

Baca Juga: KONI DKI Jakarta Guyur Bonus di Papua

"Raja-raja Nusantara yang akan hadir bersama permaisurinya setelah dikonfirmasi sebanyak 44  raja se-nusantara," ujar Herman.

Halaman:

Editor: Abdul Kholik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X