Heboh!!! Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Rusia Vladimir

- Minggu, 19 Maret 2023 | 17:55 WIB
Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin (@politico.eu)
Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin (@politico.eu)

NOLMETER.COM - Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan Surat Perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat, 17 Maret 2023.

Keputusan ini mengejutkan dunia internasional, lantaran Presiden Rusia Vladimir Putin sekarang dapat ditangkap jika dia menginjakkan kaki di salah satu dari 120 negara anggota ICC.

Surat Perintah penangkapan Vladimir Putin juga dikeluarkan untuk Maria Lvova-Belova, komisaris kepresidenan Rusia, dengan tuduhan yang sama.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube yang Dapat Mengubah Hidup Kamu Menjadi Lebih Baik

Menurut Jaksa ICC Karim Khan, Surat Perintah penangkapan dikeluarkan berdasarkan bukti forensik, pemeriksaan, dan apa yang disampaikan oleh Putin dan Maria Lvova-Belova.

Bukti yang disajikan oleh Khan berfokus pada kejahatan terhadap anak. Menurutnya, anak-anak adalah bagian paling rentan dari masyarakat kita dan mereka perlu dilindungi. Namun, Putin menyangkal tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa ini adalah upaya politik untuk merusak reputasinya.

Presiden ICC Piotr Hofmanski mengatakan bahwa pelaksanaan Surat Perintah itu bergantung pada kerja sama internasional.

Baca Juga: Yuk! Kenali Fakta-Fakta Safe Deposit Box, yang Dipakai Rafael Alun Untuk Menyimpan Harta 37 Miliar

Namun, Rusia bukan anggota ICC, sehingga keputusan ini mungkin sulit dilaksanakan secara langsung. Putin sendiri belum memberikan tanggapan resmi tentang Surat Perintah penangkapan tersebut.

Keputusan ICC ini telah membuat Putin terjepit, karena ia tidak dapat melakukan kunjungan kerja ke 120 lebih negara yang menjadi anggota ICC.

Hal ini juga mengundang perhatian dunia internasional, karena sangat jarang bagi kepala negara untuk dikejar hukum di level internasional. Namun, keputusan ini menunjukkan bahwa tidak ada yang dikecualikan dari hukum, bahkan pemimpin negara sekalipun.***

Editor: aw

Sumber: Instagram @unikinfo_id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X