5 Wisata Religi Masjid Peninggalan Walisongo, Salah Satunya Terdapat Kolam Penyembuhan

- Rabu, 4 Januari 2023 | 12:18 WIB
Masjid Pesucinan di Gresik ini konon merupakan masjid tertua di Jawa. Tampak kolam pada bagian dalam masjid yang dapat dipakai untuk penyembuhan.
Masjid Pesucinan di Gresik ini konon merupakan masjid tertua di Jawa. Tampak kolam pada bagian dalam masjid yang dapat dipakai untuk penyembuhan.

NOLMETER.com - Jejak walisongo dalam menyiarkan Islam di Nusantara bisa kamu kunjungi sebagai wisata religi masjid yang memikat.

Selain mengagumi arsitektur dari masing-masing bangunan wisata religi masjid yang selalu khas, kamu juga bisa meraih hidayah den kenikmatan batin sebagai seorang muslim.

Berikut beberapa wisata religi masjid yang merupakan jejak walisongo di Pulau Jawa.

1. Masjid Agung Sang Ciptarasa

Orang-orang lebih mengenal masjid ini sebagai Masjid Sunan Gunung Jati. Letaknya di Desa Astana, Gunung Jati, Kecamatan Cirebon Utara, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Baca Juga: 3 Tokoh yang Lahir di Tahun Kelinci

Masjid ini dibangun abad ke-15 dengan ciri khas arsitekturnya yang dihiasi keramik-keramik antik Dinasti Ming.

2. Masjid Ampel

Masjid dari abad ke-15 ini didirikan oleh putra Syekh Maulana Ibrahim, yaitu Raden Rahmat yang juga dikenal sebagai Sunan Ampel. Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah walisongo asal Gresik.

3. Masjid Menara Kudus

Juga berasal dari abad ke-15, Masjid yang dibangun pada era SUnan Kudus ini mempunyai keunikan menara yang menyerupai Candi Hindu.

Baca Juga: Gara-gara Anak Kecil Bermain di Kolam Saat Wisata Religi Ke Bandung, Masjid Al Jabbar Benar-benar Megah Viral

4. Masjid Agung Demak

Masjid yang menjadi tonggak sejarah dalam penyebaran agama Islam paling awal di Pulau Jawa ini dibangun Raden Patah dan walisongo.

Halaman:

Editor: Patricia P.

Sumber: gresiksatu.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Ide Caption Menyambut Bulan Ramadhan

Selasa, 14 Maret 2023 | 15:45 WIB
X