• Kamis, 1 Desember 2022

Joia: Hantu Itu Baik Hati

- Minggu, 5 September 2021 | 08:00 WIB

Nol Meter - Joia Horror Series merupakan buka perdana karya Kejora Rayann Arjani, gadis cilik berbakat kelahiran tahun 2013 dan biasa disapa Joia. Jika membaca judulnya maka yang ada dalam benak pembaca adalah buku berisi cerita SERAM!.

Tapi apa benar seorang anak kelas 1 SD sudah bisa cerita yang seram-seram, yang membuat bulu kuduk berdiri? Cobalah baca 16 cerita pendek yang ditulis Joia dalam bukunya. Buku yang juga berisi gambar-gambar karya Joia ini ternyata tidak seseram judulnya.

Kalu mau dibilang dalam bukunya Joia mau mengajak pembaca untuk berkenalan dengan hantu.  “Jangan menilai orang dari penampilannya, sebelum mengenal mereka dengan baik” jelas Joia. Menurut Joia meski mereka berpenampilan seram, jelek, dan jahat, bukan berarti hati mereka tidak baik dan tidak menyenangkan. Jangan lihat penampilan, yang penting adalah sikap hatinya.

Baca Juga: Kota Bogor Akan Sediakan Tempat Untuk Graffiti

Itu kata Joia…. Hmmm… seorang anak berumur 8 tahun sudah berbicara seperti itu? Ya… itulah faktanya, seperti yang diungkap ibunda Joia, Diah Asri, “ Sejak umur 4 tahun Joia sering melontarkan kalimat yang tak terduga terkait dengan dunia horor”. Awalnya sang ibu tak menanggapi serius pernyataan Joia. Namun semakin sering Joia melontarkan kalimat-kalimat aneh, sang ibu mulai mencatat apa yang diungkapkan putrinya.

Selain melontarkan kalimat yang tidak biasa, Joia juga sering menggambar sesuatu yang juga bernuansa horor. Diahpun mengumpulkan semua gambar seram karya Joai.  

Dari situlah Diah melihat bakat anaknya yang memiliki imajinasi tentang hantu dan suka bercerita tentang hantu. Namun  bagi Joia dunia hantu dalam imajinasinya tidak sejahat seperti yang distigma banyak orang selama ini. Joia mengajak pembacanya untuk berpetualang memasuki dunia hantu. Joia menggambarkan bahwa penampilan seram tidak menunjukkan mereka jahat, sebaliknya para hantu itu baik hati. Bahkan para hantu itu juga ingin bermain dengan manusia dan membantu manusia. Para hantu sebenarnya sedih jika mereka distigma jahat dan menakutkan

Halaman:

Editor: Abdul Kholik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X