• Jumat, 2 Desember 2022

Kartel Meksiko Dikenai Sanksi oleh Departemen Keuangan AS atas Distribusi Fetanil Pelangi

aw
- Senin, 21 November 2022 | 14:56 WIB
Kartel Meksiko dikenai sanksi oleh Departemen Keuangan AS atas distribusi fetanil pelangi (Business Insider)
Kartel Meksiko dikenai sanksi oleh Departemen Keuangan AS atas distribusi fetanil pelangi (Business Insider)


NOLMETER.com - Departemen Keuangan AS mengumumkan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah memberikan sanksi kepada La Nueva Familia Michoacana, kartel narkoba Meksiko yang dikatakan berada di balik meningkatnya kehadiran fentanyl pelangi di Amerika Serikat.

Rainbow fentanyl hadir dalam "variasi warna cerah, bentuk dan ukuran dan dibuat untuk menarik anak-anak dan pengguna muda," kata departemen itu dalam rilisnya.

"Tindakan hari ini menargetkan kepemimpinan salah satu kartel narkoba yang paling kejam dan bejat," kata Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan Brian E. Nelson dalam sebuah pernyataan,"

Baca Juga: Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa, Bechi Hanya Dihukum 7 Tahun Penjara

"Tidak hanya fentanyl lalu lintas kartel ini, yang merenggut nyawa lebih dari 71.000 orang Amerika tahun lalu, sekarang juga memasarkan 'fentanyl pelangi' sebagai bagian dari upaya yang disengaja untuk mendorong kecanduan di kalangan anak-anak dan dewasa muda."

Rekan pemimpin kartel Johnny Hurtado dan Jose Hurtado adalah dua penjahat paling dicari di Meksiko dan Kantor Kejaksaan Agung Negara Bagian Meksiko menawarkan hingga 500.000 peso Meksiko untuk informasi yang mengarah pada penangkapan mereka.

Johnny Hurtado tetap menjadi buron setelah dewan juri federal di Florida mendakwanya atas dua tuduhan percobaan kepemilikan dan persekongkolan untuk mendistribusikan kokain pada tahun 2000.

"La Nueva Familia Michoacana juga telah menunjukkan kesediaan untuk menyerang pejabat pemerintah dan gedung-gedung di Meksiko, selain mempekerjakan dan melatih banyak pembunuh," kata rilis tersebut.

Departemen mengatakan kemitraannya dengan Drug Enforcement Administration dan pemerintah Meksiko telah "kritis" dalam upaya untuk "melindungi warga negara kita dari efek berbahaya dari narkotika yang mematikan ini."

Baca Juga: Sadis! Dispatch Ungkap Lee Seung Gi Tak Pernah Mendapat Bayaran Sebagai Penyanyi Selama 18 Tahun

Kartel beroperasi di 35 kotamadya, menghasilkan uang dari perdagangan narkoba, penambangan ilegal, dan pemerasan, termasuk mendistribusikan fentanil pelangi, yang telah menyebar ke AS.

Itu juga memperdagangkan obat-obatan seperti metamfetamin, heroin, dan kokain dari Amerika Tengah ke AS.

Semua properti atau kepentingan dalam properti yang dimiliki oleh kartel atau pemimpinnya di AS atau yang dimiliki warga negara AS akan diblokir dan dilaporkan ke Kantor Pengawasan Aset Asing sebagai akibat dari sanksi tersebut, kata rilis tersebut.*** (nolmeter/Yasmin Fitriandini)

Editor: aw

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X