• Senin, 15 Agustus 2022

Penkot Bogor Mulai Lakukan Vaksinasi Sapi

Andri B.Soleh
- Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB
Pemkot Bogor mulai lakukan vaksinasi sapi (Winardi)
Pemkot Bogor mulai lakukan vaksinasi sapi (Winardi)

NOLMETER.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) secara perdana menggelar suntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke hewan ternak khususnya sapi yang ada di wilayahnya pada Selasa (28/6).

Kegiatan vaksin PMK perdana ini mulai dilakukan pada  sapi-sapi yang ada di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. .

Untuk penyuntikan pertama  vaksinasi dilakukan pada sapi milik Dedi Supriadi. Dari 18 ekor miliknya,  hanya 13 ekor yang divaksin.

Baca Juga: Wabah PMK, Pengunjung Kecewa Dilarang Memberi Makan Rusa Istana Bogor

"Diduga ada sapi yang lagi hamil, takutnya keguguran, dan sisanya karena kurus atau kondisinya tidak memungkinkan," kata Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor, drh Anizar.

Menurutnya, sapi-sapi yang mendapatkan vaksin PMK ini hanyalah hewan masuk dalam kategori sehat. Apabila sudah dinyatakan memungkinkan, sapi-sapi itu baru akan diberikan vaksin.

 

"Kendalanya pertama paling menghandle sapi. Terus yang kedua sehat atau tidak. Kita harus memastikan bahwa sapi benar-benar sehat tidak ada yang terpapar," imbuhnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Kebijakan Tangani PMK Ternak di Tanah Air

Efek samping yang terjadi, sapi-sapi ini biasanya akan mengalami demam dan kurang nafsu makan. Biasanya akan hilang dalam 1-2 hari. Anizar meyakinkan peternak untuk tidak perlu kawatir.  (Winardi)

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Pemkot Bogor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

89.724 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Hujan Akan Mengguyur Semua Wilayah Jakarta Hari Ini

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 06:20 WIB
X