• Sabtu, 2 Juli 2022

17 Mahasiswa Asing Program KNB Dikenalkan Budaya dan Sejarah Bogor

Andri B.Soleh
- Rabu, 15 Juni 2022 | 15:00 WIB
Pemkot Bogor menerima kunjungan 17 mahasiswa asing program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Sekolah Pascasarjana IPB University (Pemkot Bogor)
Pemkot Bogor menerima kunjungan 17 mahasiswa asing program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Sekolah Pascasarjana IPB University (Pemkot Bogor)

NOLMETER.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima kunjungan 17 mahasiswa asing program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Sekolah Pascasarjana IPB University di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (14/6).

Kunjungan ke Balai Kota ini sebagai salah satu cara mengenalkan budaya Indonesia mengingat para mahasiswa ini akan tinggal di Kota Bogor dalam waktu lama.

"Kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk mengenal Kota Bogor dan mereka sangat senang bisa bertemu dengan pak wali," ujar Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University, Titi Candra Sunarti.

Baca Juga: Bima Arya Beri Kejutan Pelajar Yang Berulang Tahun di Hari Jadi Bogor

Titi mengatakan, sejak 2008 IPB University sudah menerima mahasiswa KNB dari berbagai negara di benua Asia dan Afrika. Tahun ini ada lima mahasiswa asing yang dibiayai negaranya masing-masing dan 12 mahasiswa asing KNB yang dibiayai pemerintah Indonesia atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri.

"Jadi mereka mendaftar di kedutaan Indonesia di negara mereka dan syaratnya wajib bisa berbahasa Indonesia," terangnya.

Ia menuturkan, sebelum dimulai perkuliahan, para mahasiswa asing ini selama enam bulan diajarkan bahasa Indonesia penutur asing. Mengingat mereka masuk ke kelas reguler. Bagi mahasiswa magister mereka akan kuliah selama dua tahun dan bagi mahasiswa doktor akan kuliah selama tiga tahun.

Baca Juga: Bogor Innovation Award 2022, Bima Arya Ajak Terus Berinovasi

"Setelah lulus mereka tidak perlu mengabdi di Indonesia alias bisa langsung pulang ke negaranya, namun pemerintah Indonesia membuat program agar mahasiswa asing ini ada kecintaan terhadap Indonesia sehingga mereka bisa jadi duta Indonesia di negaranya," katanya. (Winardi)

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Pemkot Bogor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Bogor Gelar FGD UU HKPD dan Cipta Kerja

Jumat, 1 Juli 2022 | 07:00 WIB

Dedie Tinjau Pabrik Gong Pancasan

Kamis, 30 Juni 2022 | 07:00 WIB

Prakiraan BMKG : Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah

Kamis, 30 Juni 2022 | 06:07 WIB

Penkot Bogor Mulai Lakukan Vaksinasi Sapi

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB

Sekjen PSSI Pantau Latihan Timnas Wanita

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:00 WIB
X