• Sabtu, 2 Juli 2022

Pemkot Bogor Mudahkan Pelajar Berusia 17 Tahun Miliki e-KTP

Andri B.Soleh
- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:30 WIB
Seorang siswi SMA 1 Bogor sedang melakukan perekaman retina mata untuk e-KTP (Pemkot Bogor)
Seorang siswi SMA 1 Bogor sedang melakukan perekaman retina mata untuk e-KTP (Pemkot Bogor)

NOLMETER.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau kick off pelaksanaan jemput bola pembuatan e-KTP bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun di SMA Negeri 1 Kota Bogor, Kamis (19/5). Didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor Sujatmiko Baliarto, Bima Arya langsung menuju sebuah ruangan yang sedang melakukan perekaman data puluhan siswa.

Disdukcapil membawa lengkap alat pembuatan e-KTP. Mulai dari dua set komputer yang sudah terinstal software register e-KTP, kamera DSLR untuk alat perekam wajah, alat perekam tanda tangan digital, alat perekam sidik jari digital, alat perekam retina mata hingga backdrop berwarna.

"Kebijakan Pemkot Bogor adalah jemput bola. Pengurusan dokumen kependudukan harus mudah dan cepat. Jangan nunggu bola. Anak-anak yang sudah 17 tahun ini kita mudahkan agar mereka bisa memperoleh hak-haknya sesegera mungkin," ungkap Bima Arya.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Jika KTP Elektronik Hilang dan Ingin Buat Yang Baru

Bima Arya menjelaskan berbagai hak dan manfaat seseorang memiliki e-KTP. Selain sebagai identitas kependudukan dan memudahkan pembuatan berbagai dokumen, juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan perbankan, persyaratan membuka usaha, melamar pekerjaan, salah satu syarat untuk menikah, hingga berguna saat situasi darurat.

Walikota Bima Arya menyerahkan e-KTP yang sudah jadi kepada siswi SMA 1 Bogor (Pemkot Bogor)

"Bukan hanya masalah kartunya tapi mereka diharapkan bisa sadar akan haknya. Ini bagian dari pendidikan kewarganegaraan juga," ujarnya.

"Dulu, anak yang sudah 17 tahun agak terlambat. Begitu ada kebutuhan yang mendesak dan lain-lain baru mengurus KTP. Sekarang saya minta di hari mereka ulang tahun, mereka sudah punya KTP. Pola ini akan terus dilakukan Disdukcapil ke seluruh sekolah di Kota Bogor," jelas Bima.

Baca Juga: Mau Update Data Diri KTP, Begini Caranya

Selain itu, Bima Arya juga menyebut bahwa setiap akan memasuki masa Pilkada, Pilpres, Pileg, Disdukcapil dipastikan untuk melakukan pendataan semaksimal mungkin supaya warga memperoleh haknya untuk pemilu. "Jangan sampai ada yang luput menggunakan haknya," pungkasnya. (Winardi)

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: Pemkot Bogor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Bogor Gelar FGD UU HKPD dan Cipta Kerja

Jumat, 1 Juli 2022 | 07:00 WIB

Dedie Tinjau Pabrik Gong Pancasan

Kamis, 30 Juni 2022 | 07:00 WIB

Prakiraan BMKG : Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah

Kamis, 30 Juni 2022 | 06:07 WIB

Penkot Bogor Mulai Lakukan Vaksinasi Sapi

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB

Sekjen PSSI Pantau Latihan Timnas Wanita

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:00 WIB
X