SMA Negeri 70 Jakarta Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

- Rabu, 15 September 2021 | 10:05 WIB
Buku di perpustaan
Buku di perpustaan

Nol Meter - Perpustakaan Ki Hajar Dewantara dari SMA Negeri 70 Jakarta meraih juara 1 lomba perpustakaan tingkat nasional yang digelar Perpustakaan Nasional RI. Gelar ini menjadi sejarah karena selama ini posisi ini diraih perpustakaan dari luar DKI Jakarta.

Dikutip nolmeter dari website berita resmi Pemprov DKI Jakarta, pengumuman kemenangan perpustakaan SMAN 70 Jakarta sebagai perpustakaan sekolah terbaik 1 tingkat nasional dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta merupakan sejarah baru karena selama ini gelar tersebut selalu diraih perpustakaan dari daerah lain.

Baca Juga: Terlalu Rindu, Konser Pembuktian 10 Tahun Tulus Bermusik

"Saya berharap momentum ini jadi motivasi bagi perkembangan perpustakaan di Jakarta, khususnya di sekolah-sekolah dan menjadi titik awal peningkatan kolaborasi dalam upaya membudayakan kegemaran membaca," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Hariyadi.

Sementara itu Kepala SMAN 70 Jakarta, Ratna Budiarti mengaku bersyukur sekolahnya bisa membawa nama provinsi ke tingkat nasional. "Sebelum ini tahun 2020 perpustakan kami hanya meraih juara harapan 1," ujar Ratna Budiarti.

Pengelola perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMA 70, Cecep Sulaeman mengaku prestasi ini berkat kolaborasi dari berbagai pihak serta pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Baca Juga: Melirik Usaha Kuliner Kreatif di Jakarta Utara , Bisa Bertahan Karena Inovatif

Perpustakaan SMAN 70 sendiri berada di area seluas 500 meter persegi, dan menjadi perpustakaan sekolah terluas di ibukota. Perpustakaan ini memiliki fasilitas lengkap, 5.925 judul buku non-fiksi, 855 judul buku fiksi, 6.003 judul e-book, hingga aksara maya berjumlah 4.920 judul.

Perpustakaan yang dilengkapi wifi berkecepatan 250mbps ini mempunya sejumlah program unggulan yakni Green Literacy, Elektronik Daftar Tajuk Subyek (EDTS), Drive Thrue e-book dan Literacy on The Bus Stop. 

Dalam lomba ini perpustakaan SMAN 1 Sedayu Daerah Istimewa Yogyakarta meraih juara kedua, dan perpustakaan SMAN 1 Bobotsari Jawa Tengah ada di posisi ketiga.***  

Editor: Syaifuddin Sayuti

Sumber: Website Berita Resmi Provinsi DKI Jakarta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menguat! Guntur Romli : Ganjar - Ahok, Paket Lengkap

Sabtu, 30 September 2023 | 23:54 WIB

Inilah Keunggulan Mangga Miyazaki, Intip Yuk!

Senin, 25 September 2023 | 09:30 WIB

Cara Membuat Minuman Tradisional Seruni dan Manfaatnya

Senin, 11 September 2023 | 21:05 WIB

Trik Membaca Watak dari Warna Kesukaan Seseorang

Senin, 11 September 2023 | 20:50 WIB
X