• Minggu, 5 Februari 2023

Festival Kebudayaan Yogyakarta :Merekah Ruah" Segera Digelar Dengan Banyak Kegiatan Seni Budaya

- Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
FKY 2022
FKY 2022

NOLMETER.COM - Festival Kebudayaan Yogyakarta kembali hadir di bulan September 2022. Karena masih dalam semangat pandemi, Festival ini akan digelar secara hybrid mulai 12 hingga 25 September 2022.

Mengutip situs resmi Festival Kebudayaan Yogyakarta fky.id disebutkan FKY 2022 akan kembali hadir dengan mengusung visi “pencatatan kebudayaan” yang menggambarkan praktik “keberdayaan warga” sebagai dasar pengembangan dan penemuan festival ini.

Menurut penyelenggara, perubahan nomenklatur dari Festival Kesenian Yogyakarta menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta menuntut penyelenggara memperbarui pemahaman dan praktik pengelolaan FKY.

Baca Juga: Aksi Kocak Tiga Lelaki Sejati Dalam Reality Show Siap Bos di Net TV

Salah satunya pada unsur keterlibatan kabupaten dan kota dalam wilayah D.I Yogyakarta. Melalui peta subjek budaya FKY 2021, jumlah catatan pada kawasan Gunungkidul dan Kulon Progo masih dirasa kurang jika dibandingkan dengan Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul.

Untuk itulah, pada tahun ini FKY 2022 memberikan fokus lebih pada keterlibatan subjek, tema, dan objek budaya di kedua kawasan tersebut.

Pada pelaksanaan FKY 2021, Gunungkidul dan Kulon Progo muncul melalui praktik pengelolaan air dan tanah sebagai bentuk keberdayaan warga. Untuk itulah, FKY 2022 memberikan perhatian pada isu air dan tanah sebagai narasi yang berfokus pada kedua wilayah tersebut.

Baca Juga: Video Viral, Lagi Aksi Perundungan Terhadap Siswa SMP Mengarah Kriminal

Terdapat tiga hal yang melatarbelakangi pemilihan isu ini, yaitu peran penting air dan tanah bagi kehidupan, keberadaan praktik dan subjeknya, serta kemunculan isu tersebut pada tahun sebelumnya yang mampu dikaji lebih dalam.

Halaman:

Editor: Syaifuddin Sayuti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X