Layak Ditiru! Suporter Jepang Punguti Sampah, Tularkan Ke Seluruh Dunia Lewat Piala Dunia 2022 Qatar

- Selasa, 29 November 2022 | 11:08 WIB
suporter Jepang bebersih stadion
suporter Jepang bebersih stadion

NOLMETER.COM - Suporter Jepang menginspirasi penggemar bola di dunia. Mereka tidak segan mengeluarkan karung biru dan mengambil sampah di stadion. Suporter Jepang punguti sampah setelah laga berakhir.

Sebuah video bersih-bersih oleh suporter Jepang viral beberapa waktu belakangan saat suporter Jepang punguti sampah di laga pembuka meski bukan negara mereka yang sedang bertanding.

Kebiasaan itu muncul kembali saat Jepang VS Kosta Rika. Meski kalah 0-1 dari Kosta Rika, suporter itu tidak segera meninggalkan stadion. Suporter Jepang punguti sampah setelah laga berakhir.

Peluit akhir dibunyikan pada Minggu, 27 November sore, dan para penggemar Jepang yang baru saja menghabiskan waktu berjam-jam di bawah terik matahari tengah hari.

Baca Juga: Respek! Fans Jepang Bersihkan Sampah di Pertandingan Laga Qatar VS Ekudor Meski Itu Bukan Laga Mereka

Mereka membiarkan diri sejenak berkubang dalam kekecewaan atas kekalahan 1-0 tim mereka dari Kosta Rika. Tapi momen itu berlalu dengan cepat, dan keluarlah kantong sampah berwarna biru.

Dalam kembalinya ritual pascapertandingan yang disambut dengan keheranan luas di Piala Dunia tahun ini.

Suporter Jepang, yang beberapa saat sebelumnya telah bernyanyi mengigau untuk tim mereka, mulai dengan cermat membersihkan tribun di Stadion Ahmed bin Ali, memilih sampah berserakan di deretan kursi di sekitar mereka.

Tidak peduli apa itu - botol soda setengah kosong, kulit jeruk, serbet kotor - atau siapa yang meninggalkannya.

Halaman:

Editor: Raira Sari

Sumber: nytimes.com, Twitter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langka ! Ada Anak Yang Kecanduan Membaca Buku

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:57 WIB
X