• Selasa, 7 Februari 2023

Jelang Natal 2022: Mengenal Masa Adven, Masa Menyiapkan Hati

- Selasa, 29 November 2022 | 07:54 WIB
Lingkaran adven yang berupa karangan bunga berbentuk lingkaran  (Kita Katolik)
Lingkaran adven yang berupa karangan bunga berbentuk lingkaran (Kita Katolik)

NOLMETER.Com - Kurang dari sebulan, umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan Natal. Natal adalah perigatan kelahiran Yesus, Sang Messiah. 

Namun, sebulan sebelum Natal, ada masa Adven. Masa adven dimulai pada 27 November, ia adalah masa persiapan menjelang Natal

Baca Juga: Cerita Sasminto, Calon Bikkhu yang Melepaskan Status Samanera dan Menjadi Umat Perumah Tangga

Menurut beberapa catatan, tradisi masa adven ini mulai terlihat pada abad ke-6. Pada mas ini orang Kristen Roma menganggap adven adalah masa penantian Kristus sebagai hakim dunia. 

Dalam bahasa Latin, adven adalah kedatangan atau kunjungan. Secara spiritual hal ini dimaksudkan sebagai perayaan atas kelahiran Yesus di Bumi 2000 tahun yang lalu.

Namun, adven juga dimaknai sebagai persiapan menanti kedatangan Yesus untuk yang kedua kali. Dalam pesan Natal KWI-PGI 2022, di masa Adven ini, Umat Kristiani diharapkan bisa menemukan jalan menuju Tuhan.

"Jalan lain itu dapat dipahami juga secara rohani. Sesudah bertemu dengan Yesus, orang tidak lagi hidup dengan cara lama, tetapi dengan cara yang baru, menjadi manusia baru. Dengan demikian, Natal juga mengajak kita untuk menemukan jalan baru dan kreatif dalam mewartakan kasih_nya kepada sesama dan semua mahluk ciptaan," tulis pesan tersebut dikutip dari KAJ.

Benda-benda khas juga menandai masa adven. Di antaranya lingkaran adven yang berupa lingkaran karangan bunga dan biasa dipasang pada pintu-pintu. 

Baca Juga: Lokasi Konser Blackpink Tuai Pro dan Kontra, Menpora Bilang GBK Tidak Boleh Dipakai Jika Masuk Renovasi

Editor: Linggar Rimbawati

Sumber: KWI-PGI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langka ! Ada Anak Yang Kecanduan Membaca Buku

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:57 WIB
X