• Minggu, 5 Februari 2023

Pemakaman Akbar Ratu Elizabeth II Selesai, CNN Menilai Sebagai Peristiwa Terbesar Dekade Ini

- Selasa, 20 September 2022 | 11:00 WIB
Mobil Pembawa Jasad Ratu Elizabeth II
Mobil Pembawa Jasad Ratu Elizabeth II

NOLMETER.COM - Prosesi pemakaman akbar Ratu Elizabeth II akhirnya selesai dilakukan pada hari Senin 19 September 2022 sore waktu setempat. Kemegahan prosesi pemakaman ini dinilai CNN sebagai peristiwa terbesar dekade ini.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dimulai dari kastil Windsor. Di sini diadakan kebaktian kedua atau terakhir sebelum jenazah dimakamkan. Sekitar 800 tamu dikabarkan ikut dalam prosesi kali ini. 

Dari kastil Windsor kemudian iring-iringan pengantar jenazah berjalan kaki sepanjang 9,6 kilometer menuju Kapel St.George.

Jasad Ratu Elizabeth II ditempatkan di mobil pembawa jenazah transparan yang memungkinkan warga yang hadir bisa melihat dengan jelas peti mati yang berisi jasad ratu mereka untuk terakhir kali.

Baca Juga: Jenazah Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra Pagi Ini Akan Dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta

Peti mati yang menjadi tempat berbaring ratu itu diselimuti bendera kerajaan dengan sejumlah bunga di sekelilingnya serta mahkota dan tongkat kerajaan milik Ratu Elizabeth II.

Perjalanan menuju kapel St.George berlangsung khidmat, dalam suasana duka mendalam. Iring-iringan mobil pembawa jenazah ini dikawal oleh anggota keluarga kerajaan di depan dan di bagian belakangnya serta tentara kerajaan.

Prosesi ini berjalan lancar, sakral, dan teratur. Ribuan warga yang berdiri di sepanjang jalan melepas kepergian ratu Elizabeth II dengan tertib.

Kemegahan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II tergambar jelas mulai dari pengaturan peserta prosesi, di mana ada sekitar 6 ribu tentara dari berbagai kesatuan terlibat dalam prosesi akbar ini.

Halaman:

Editor: Syaifuddin Sayuti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langka ! Ada Anak Yang Kecanduan Membaca Buku

Rabu, 18 Januari 2023 | 20:57 WIB
X