• Sabtu, 2 Juli 2022

Doa Sebelum Menjalani UTBK SBMPTN, Agar Lancar Dan Lulus

Andri B.Soleh
- Senin, 16 Mei 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi Ujian (Pixabay/ tjevans)
Ilustrasi Ujian (Pixabay/ tjevans)

NOLMETER.COM - Besok pelaksanaan   Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan dimulai. Ujian ini yang menentukan calon mahasiswa bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri. 

Bisa dikatan  calon mahasiswa, sudah mempersiapkan ujian ini jauh-jauh hari sebelumnya. Ada yang mengikuti bimbingan belajar setahun penuh atau malah ada yang sistim kebut. Semua sudah dipersiapkan benar benar agar bisa masuk perguruan tinggi idamannya ini.

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan setelah berusaha belajar dengan keras, menjaga kesehatan tubuh, serta berdoa dan menyelesaikan ujian UTBK adalah pasrah. Semua hasil yang akan kamu dapatkan nanti adalah yang terbaik. Apabila kamu diterima di program studi tujuan, bersyukurlah karena Tuhan sudah memberikan takdir sesuai keinginanmu.

Baca Juga: Cemas Sebelum Menghadapi SBMPTN, Kenali Test Anxiety Disorder

Persiapan untuk menjawab soal ujian ini tentunya sudah mulai dari awal pembelajaran. Bukan hasil sekejap. Untuk itu ada baiknya  kamu juga  meminta kemudahan kepada Allah SWT sebelum menjawab soal ujian.

Doa Agar  Dipermudah Saat Ujian

              رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

     Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya, “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Doa tadu dibaca saat akan memulai ujian. Bisa juga ditambahkan doa ini 

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: NU Online, Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X