Amalkan Doa dari Rasulullah SAW Jika Hutang Membuat Kalut

- Sabtu, 11 September 2021 | 21:00 WIB
Ilustrasi orang yang putus asa  (Nolmeter/AB.Soleh)
Ilustrasi orang yang putus asa (Nolmeter/AB.Soleh)

Terkadang kita tidak bisa lepas dari jeratan hutang untuk memenuhi beragam kebutuhan hidup kita.  Ada yang bisa diselesaikan, namun  ada juga yang semakin terjerat atas hutang-hutang tersebut. Dari hutang satu rupiah berbiak menjadi ribuan. Sehingga   akhirnya bingung dan putus asa.

Akibat kebingungan ini membuat kita lupa berikhtiar juga berdoa. Karena keduanya itu sebnarnya berhubungan. Kita harus berikhtiar juga sekaligus berdoa. 

Inipun terjadi pada zaman Rasululah ﷺ , yang suatu beliau saat akan memasuki masjid melihat seorang laki laki yang bingung dan duduk termenung di depan masjid. Wajahnya galau dan lesu, seperti tak tahu hendak berbuat apa. 

Baca Juga: Manfaat dan Barokah Dzikir Pagi dan Petang

Rasul pun bertanya , mengapa laki-laki itu termenung seperti putus asa.

“ Ya Rasul, aku bingung dengan  utang-utangku yang membuatku aku  putus asa.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Jeratan hutang (Nolmeter/AB. Soleh)
Jeratan hutang (Nolmeter/AB. Soleh)
Begitulah doa yang diajarkan Rasulullah ﷺ agar kita bebas  dari lilitan utang yang sering kali diikuti oleh rasa ketakutan, kesusahan, kelemahan, dan kekikiran.

Ketenangan, Kesabaran dan Doa insyallah menuntun kita terbebas dari segala masalah termasuk hutang.

( Disampaikan oleh Ustadz M. Tatam Wijaya, Alumni PP Raudhatul Hafizhiyyah Sukaraja-Sukabumi, Pengasuh Majelis Taklim “Syubbanul Muttaqin” Sukanagara-Cianjur, Jawa Barat)

Editor: Andri B.Soleh

Sumber: NU Online, nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Untukmu Agar Terhindar Dari Asap Rokok!

Rabu, 7 Juni 2023 | 22:06 WIB

Tips Nabung Anti Gagal Untuk Kaum Pelajar!

Rabu, 7 Juni 2023 | 21:13 WIB
X