• Minggu, 5 Februari 2023

Sandiaga Uno Optimis Dangdut Indonesia Mendunia seperti Kpop

Andri B.Soleh
- Minggu, 4 September 2022 | 08:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Farel Prayoga (Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Farel Prayoga (Kemenparekraf)

NOLMETER.COM - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimis musik dangdut Indonesia bisa mendunia seperti Kpop. Syaratnya, potensi tersebut harus dioptimalkan agar mampu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan pencipta lapangan kerja.

“Kualitas karya anak bangsa seperti lagu dangdut, tidak kalah dengan karya musik lain seperti Kpop,” kata Menparekraf Sandiaga dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (2/9). 

Melalui digitalisasi, Sandiaga berharap musik dangdut bisa semakin dikenal oleh banyak orang hingga go internasional, seperti lagu dangdut “Ojo Dibandingke” yang dibawakan Farel Prayoga saat memeriahkan penyelenggaraan upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara. 

Baca Juga: Menparekraf Dorong Produk Ekraf Otomotif Tanah Air Bersaing di Dunia Internasional

“Farel Proyoga yang hadir bersama kita di Pameran AKI Sidoarjo ini menjadi viral lewat sosial media dan menarik minat banyak masyarakat untuk mendengarkan musik dangdut,” kata Menparekraf. 

Menparekraf berpesan agar masyarakat memberi lebih banyak kesempatan kepada karya-karya kreatif musik lokal untuk didengar dan dinikmati setiap hari. 

Lebih lanjut, Menparekraf menyampaikan bahwa melalui program AKI yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia ini diharapkan bisa mengangkat produk ekonomi kreatif termasuk musik. Sehingga target terciptanya 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024 bisa tercapai. 

“Program ini diharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhan ekonomi. AKI ini InsyaAllah bisa mengangkat kesejahteraan para pelaku ekraf,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Baca Juga: Lirik Lagu IDR Ini Dangdut Rakat dari Mukarakat Yang Sedang Ramai di Youtube

Sebagai informasi, ada 27 peserta AKI yang mengikuti pameran di Lippo Plaza Sidoarjo, terdiri dari 20 finalis subsektor kuliner, kriya, fesyen, dan aplikasi. Serta 7 finalis dari subsektor film dan musik.

Halaman:

Editor: Andri B.Soleh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ide Usaha Rumahan Sambal Kemasan, Simak Lengkapnya!

Jumat, 3 Februari 2023 | 12:56 WIB

5 Ide Usaha yang Dapat Anda Coba di Era Digital

Senin, 23 Januari 2023 | 12:07 WIB

PT PANN milik BUMN Dibubarkan, Kenapa?

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:50 WIB
X